Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Timnas Indonesia Dirugikan Wasit, Shin Tae Yong Sarankan Piala AFF Pakai VAR

Minggu, 26 Desember 2021 – 15:35 WIB
Timnas Indonesia Dirugikan Wasit, Shin Tae Yong Sarankan Piala AFF Pakai VAR - JPNN.COM
Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman diadang kiper Singapura Hassan Sunny di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu malam. Foto: affsuzuki.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyerukan penggunaan teknologi asisten wasit video (VAR) dalam Piala AFF berikutnya.

Menurut Shin, turnamen sekelas Piala AFF membutuhkan bantuan teknologi VAR untuk mempertajam pengambilan keputusan wasit.

"Sebagai pelatih yang berpengalaman di Piala Dunia, saya berpendapat Piala AFF ini membutuhkan VAR. Wasit juga manusia yang tidak bisa membuat keputusan 100 persen benar," kata pelatih asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Menurut dia, VAR dapat makin meningkatkan kualitas turnamen dan menghapus kontroversi-kontroversi vonis wasit di lapangan, salah satu contohnya ketika Indonesia melawan Singapura pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Singapura, Rabu (22/12).

Saat itu, ada momen gelandang serang Indonesia Ricky Kambuaya dijatuhkan di dalam kotak penalti lawan, terlihat pada video tayangan ulang, tetapi wasit hanya memberikan tendangan bebas kepada skuad Garuda.

"Saya sudah melihat kembali videonya dan memang wasit seharusnya memberikan penalti," kata Shin.

Shin pun melihat situasi serupa saat Thailand menghadapi Vietnam pada leg pertama semifinal lainnya sehari kemudian.

Vietnam yang kalah 0-2 disebut Shin beberapa kali dirugikan oleh wasit.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyerukan penggunaan teknologi asisten wasit video (VAR) dalam Piala AFF berikutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close