Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Timwas PPMI DPR Ungkap Kendala Jatim Belum Siap Terima Kepulangan Pekerja Migran

Kamis, 04 November 2021 – 12:08 WIB
Timwas PPMI DPR Ungkap Kendala Jatim Belum Siap Terima Kepulangan Pekerja Migran - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh memimpin langsung kunjungan kerja Timwas PPMI DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/11). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, SURABAYA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh mengungkapkan kendala yang dihadapi Pemprov Jawa Timur hingga belum siap menerima kepulangan pekerja migran dari luar negeri.

"Mereka (Pemprov Jatim) menyatakan banyaknya kendala, salah satunya soal ketidaksanggupan mereka soal finansial," beber Ninik, sapaan akrab Nihayatul Wafiroh yang memimpin langsung kunjungan kerja Timwas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/11).

Sesuai data Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menunjukkan Provinsi Jawa Timur menduduki posisi puncak penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbanyak dari 2018-2020.

"Kalau datang sekian ratus (kepulangan pekerja migran) dan harus membiayai selama karantina dan tidak hanya sekadar menyediakan tempat, dan itu dirasa memberatkan mereka,” ungkapnya.

Ninik menyampaikan Pemprov Jatim akan siap menerima kedatangan WNA dan kepulangan PMI, asalkan ada pembagian tugas yang jelas dengan pemerintah pusat.

Ketika WNA dan pekerja migran tiba di Jatim, maka yang meng-handle semua mulai dari PCR, penempatan karantina, hingga yang membiayai adalah pemerintah pusat.

Sedangkan Pemprov Jatim hanya akan mengurusi persoalan, jika ada WNA dan pekerja migran yang sakit.

“Ini (temuan yang) cukup mengejutkan," tegasnya.

Timwas PPMI DPR melakukan kunjungan kerja ke Surabaya menemukan fakta yang cukup mengejutkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close