Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkat Kepercayaan Kejagung Paling Buruk

Rabu, 02 November 2011 – 13:44 WIB
Tingkat Kepercayaan Kejagung Paling Buruk - JPNN.COM
Jaringan Suara Indonesia (JSI) menggelar konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/11). JSI mengumumkan hasil survei nasional tentang Evaluasi Kinerja Lembaga Penegakan Hukum. Direktur Eksekutif JSI Widdi Aswindi beranggapan perlunya perbaikan teknis dan fundamental terhadap lembaga penegakan hukum, serta harapan besar rakyat Indonesia hidup di negara hukum yang pasti dan berkeadilan. Foto : Arundono/JPNN
JAKARTA - Jaringan Suara Indonesia (JSI) kembali merilis hasil temuannya. Dalam survei evaluasi kinerja lembaga penegakan hukum, JSI menempatkan Polri memiliki tingkat kepercayaan yang paling tinggi, yakni 58,2 persen, kurang percaya 35,4 persen, sedangkan yang tidak tahu 6,4 persen.

Temuan ini mengalahkan empat lembaga penegakan hukum lainnya. KPK hanya mendapat tingkat kepercayaan 53,8 persen, kurang percaya 34,9 persen, tidak tahu 11,3 persen. Mahkamah Agung (MA) hanya 47,8 persen, tidak percaya 32,7 persen dan tidak tahu 19,4 persen.

Untuk Mahkamah Konstitusi (MK) tingkat kepercayaannya 47,3 persen, tidak percaya 32,6 persen dan tidak tahu 20,1 persen. Sementara lembaga penegakan hukum yang paling rendah dari penegakan hukum lainnya adalah Kejaksaan Agung (Kejagung). Lembaga yang dipimpin Basrief Arief ini hanya memperoleh tingkat kepercayaan 46,1 persen, tidak percaya 37,4 persen dan tidak tahu 16,5 persen.

"Dari kelima lembaga hukum tersebut, keperceyaan terendah dimiliki Kejaksaan Agung. Sebagai pengacara negara ketidakpuasan terhadap kejaksaan haruslah menjadi pekerjaan rumah yang prioritas dalam penegakan hukum," kata Direktur Eksekutif JSI, Widdi Aswindi di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/11).

JAKARTA - Jaringan Suara Indonesia (JSI) kembali merilis hasil temuannya. Dalam survei evaluasi kinerja lembaga penegakan hukum, JSI menempatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA