Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Bangun Jalur Bawah Laut untuk Kereta Cepat

Senin, 03 Agustus 2020 – 13:52 WIB
Tiongkok Bangun Jalur Bawah Laut untuk Kereta Cepat - JPNN.COM
Jembatan di atas laut di Teluk Hangzhou sepanjang 35,7 kilometer mempersingkat jalur Shanghai-Ningbo. Foto: ANTARA/HO-Asia Times

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok segera membangun terowongan kereta api bawah laut yang menghubungkan Kota Ningbo dengan Kepulauan Zhoushan sepanjang 16,2 kilometer di wilayah perairan timur.

Menurut media lokal, kereta api cepat Tiongkok akan memiliki terowongan bawah laut pertama dan terpanjang.

Setelah melakukan persiapan selama dua tahun, proposal teknis pembangunan terowongan kereta bawah laut itu telah lolos penilaian dewan pakar yang dipimpin Qian Qihu dari Chinese Academy Engineering pada pekan lalu.

Jalur transportasi Kepulauan Zhoushan, Provinsi Zhejiang, dengan wilayah daratan Tiongkok akan dihubungkan dengan kereta api cepat dari Ningbo sejauh 77 kilometer melalui terowongan dan beberapa jembatan via Pulau Jintang.

Tidak hanya kereta api cepat, proyek tersebut juga memungkinkan perjalanan kendaraan bermotor di bawah laut melalui terowongan terpisah.

Tidak seperti terowongan tabung tenggelam di salah satu ruas jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau, terowongan kereta api bawah laut Ningbo-Zhoushan akan dibangun dengan menggunakan perisai yang dibenamkan lebih dalam sehingga bakal menimbulkan pekerjaan proyek yang rumit.

Perisai terowongan berdiameter 14 meter itu akan membentang sepanjang 10,87 kilometer di bawah laut dengan kedalaman maksimum 78 meter.

Ini akan mencatat rekor baru di dunia, demikian pernyataan Tang Xiongjun dari Tiongkok Railway Siyuan and Design Group yang bertanggung jawab terhadap proyek terowongan bawah laut itu.

Tiongkok segera membangun terowongan kereta api bawah laut yang menghubungkan Kota Ningbo dengan Kepulauan Zhoushan sepanjang 16,2 kilometer di wilayah perairan timur

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close