Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Berulah di Laut Natuna, Efektifkah Pendekatan Militer?

Kamis, 20 Agustus 2020 – 05:57 WIB
Tiongkok Berulah di Laut Natuna, Efektifkah Pendekatan Militer? - JPNN.COM
TNI siap menjaga kedaulatan wilayah dan keamanan di kawasan termasuk di Laut natuna. Foto: diambil dari www.tnial.mil.id/Portals

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum laut internasional Hasjim Djalal mengatakan bahwa pendekatan diplomatik harus lebih dikedepankan dalam menangani perselisihan wilayah perairan Laut China Selatan, daripada pendekatan militer.

"Menurut saya, pendekatan militer tidak direkomendasikan misalnya dalam konflik Natuna, saya kira penting bagi kita untuk mengembangkan kapasitas pemanfaatan sumber daya laut Natuna," kata Hasjim pada sebuah diskusi daring, Rabu (19/8).

Hasjim, yang pernah menjabat pimpinan Otoritas Dasar Laut Internasional, menjelaskan bahwa terkait Natuna diperlukan langkah untuk menjadikannya sebagai pusat kegiatan Indonesia di kawasan Laut China Selatan, demi mempertahankan hak ekonomi, teritori, dan kedaulatan.

"Caranya yakni tidak perlu melalui konflik. Kita bisa mengembangkan kemampuan ilmiah dan pengetahuan mengenai sumber daya yang menjadi milik kita, serta meningkatkan hubungan kerja sama dengan negara tetangga di kawasan," kata dia menambahkan.

Bagaimanapun, Hasjim juga tidak menyangkal bahwa Indonesia harus bersiap dengan kekuatan militer. "Jika konfrontasi berkembang bukan karena keinginan kita melainkan akibat situasi lainnya," tutur dia.

Sementara Evan Laksmana, peneliti bidang politik di Centre for Strategic and International Studies (CSIS), menyebut bahwa masalah keamanan dan kepemimpinan maritim masih sering muncul, misalnya penangkapan ikan ilegal dan pembajakan serta potensi konflik antarnegara ASEAN atau dengan Tiongkok.

"Saya pikir menggunakan pendekatan secara diplomatis saja untuk menangani urusan wilayah maritim tidaklah cukup. Tentu saja komunikasi dan negosiasi diplomatik diperlukan, namun ketika menyangkut pengendalian wilayah maritim, kita harus menjalankan upaya lebih untuk meningkatkan kapabilitas keamanan," kata Evan. (ant/dil/jpnn)

Konflik Laut China Selatan yang dipicu tindakan sewenang-wenang Tiongkok belakangan merembet hingga perairan Natuna

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Timur Tengah

    Beijing Peringatkan Amerika Tidak Ikut Campur Konflik Laut China Selatan

    Rabu, 20 Maret 2024 – 14:48 WIB
    Beijing Peringatkan Amerika Tidak Ikut Campur Konflik Laut China Selatan - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Sopir Salim

    Selasa, 19 Maret 2024 – 05:50 WIB
    Sopir Salim - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Bawang Putih

    Jumat, 15 Maret 2024 – 07:28 WIB
    Bawang Putih - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Aliran Sesat

    Selasa, 12 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Aliran Sesat - JPNN.com
X Close