Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Memperluas Pelarangan Penggunaan Ponsel iPhone

Senin, 11 September 2023 – 08:32 WIB
Tiongkok Memperluas Pelarangan Penggunaan Ponsel iPhone - JPNN.COM
Tiongkok larang pakai iPhone. Foto ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Tiongkok terus memperluas larangan penggunaan ponsel iPhone, tidak kepada prgawai negeri, tetapi juga pegawai pemerintah daerah dan perusahaan milik negara.

Sejumlah instansi mulai menginstruksikan karyawan untuk tidak membawa iPhone ke kantor.

Tidak hanya ponsel iPhone, bahkan satu perusahaan milik negara melaramg karyawannya membawa Apple Watch atau AirPods ke kantor mulai bulan depan.

Larangan penggunaan produk Apple diduga sebagai upaya Tiongkok mengurangi ketergantungan pada teknologi Amerika Serikat.

Langkah itu jelas sangat merugikan Apple, karena Tiongkok memiliki lebih dari 150.000 perusahaan milik negara, yang mempekerjakan lebih dari 56 juta orang pada 2021.

Pemerintah Tiongkok sendiri telah lama memberlakukan beberapa pembatasan pada penggunaan teknologi luar negeri di tempat kerja, setidaknya sejak 2018.

Akibat pelarangan itu, saham Apple turun dan memangkas nilainya sampai sekitar USD 200 miliar.

Namun, analis Morgan Stanley Erik Woodring mengatakan tidak yakin pembatasan tersebut akan mengarah pada sesuatu yang lebih luas.

Tiongkok terus memperluas larangan penggunaan ponsel iPhone, tidak kepada prgawai negeri, tetapi juga pegawai pemerintah daerah dan perusahaan milik negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close