Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Tertarik Kembangkan Pertanian di Sukabumi

Selasa, 21 Januari 2020 – 20:25 WIB
Tiongkok Tertarik Kembangkan Pertanian di Sukabumi - JPNN.COM
ILUSTRASI. Lahan Pertanian. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SUKABUMI - Duta Besar (Dubes) Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian berjanji mendorong para investor dari Tiongkok berinvestasi di Desa Sukajaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam bidang pertanian.

"Desa Sukajaya ini mempunyai potensi yang besar di sektor pertanian dan mempunyai kesamaan di beberapa desa di Tiongkok, ditambah kepala desanya sudah belajar mengolah potensi pertanian di Tiongkok. Maka dari itu, saya sebagai Duta Besar akan meminta para investor agar bisa menanamkan modalnya di sini," kata Xiao dalam sambutannya saat kunjungan kerja ke Desa Sukajaya, Jawa Barat, Selasa (21/1).

Menurutnya, Desa Sukajaya ini kaya akan berbagai produk pertanian yang mumpuni, salah satunya tanaman suji. Di Tiongkok dinamai bunga abadi.

Selain itu, kata dia, penanaman modal itu untuk membantu meningkatkan perekonomian dan mendongkrak nilai produknya. Pihaknya juga mengapresiasi warga Desa Sukajaya yang mampu mengembangkan berbagai produk pertanian yang tidak hanya sebatas bahan baku, tetapi juga produk turunannya.

Xiao juga membawa beberapa program dan bantuan, seperti mendistribusikan dua truk guna membantu warga desa mendistribusikan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Program lainnya adalah pertukaran ilmu dan penelitian dengan mengirimkan warga Desa Sukajaya ke Tiongkok maupun sebaliknya. Kemudian akan membantu ekspor produk UMKM Desa Sukajaya ke China.

Kemudian program pelatihan Bahasa Mandarin yang kebetulan diminta langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (antara/jpnn)

Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian, berjanji mendorong para investor dari Tiongkok berinvestasi di Desa Sukajaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar, dalam bidang pertanian.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close