Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Ukir Jejak di Luar Angkasa

20 Menit Astronot Zhai Zhigang Sukses Lakukan Spacewalk

Senin, 29 September 2008 – 11:53 WIB
Tiongkok Ukir Jejak di Luar Angkasa - JPNN.COM
BEIJING - Negeri Panda sukses menunjukkan kejayaannya di luar angkasa. Kemarin, astronot Zhai Zhigang sukses melakukan spacewalk pertamanya. Spacewalk alias berjalan-jalan di luar kapsul pesawat luar angkasa itu sekaligus mengukuhkan Zhai sebagai warga Tiongkok pertama yang menjejakkan kaki pertama di luar angkasa.

''Saya baik-baik saja. Saya ingin menyapa seluruh rakyat Tiongkok dan juga masyarakat seluruh dunia,'' kata Zhai saat dia merangkak keluar dari badan pesawat. Detik-detik bersejarah terjadi sekitar pukul 16.40 waktu Beijing. Dalam misi luar angkasanya kali ini, Tiongkok mengirimkan tiga putra terpilihnya. Selain Zhai, ada Liu Boming dan Jing Haipeng.

Detik-detik saat Zhai merangkak keluar dari kapal luar angkasa Shenzhou VII diabadikan dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi pelat merah negeri itu, China Central Television atau CCTV. Pesawat luar angkasa tersebut bertolak dari Jiuquan Space Center pada Kamis (25/9). Puluhan juta rakyat pun duduk manis menjadi saksi hidup aksi Zhai. Penorehan sejarah tersebut diharapkan mampu sedikit menghibur rakyat Tiongkok pasca skandal susu yang terkontaminasi melamin, yang berkembang menjadi krisis global itu.

Orang nomor satu negeri berpenduduk terbanyak di dunia itu juga tak ketinggalan menyaksikan langsung aksi putra terpilihnya tersebut. Bersama beberapa negarawan lain, Hu menyaksikan pijakan pertama Zhai di luar angkasa melalui transmisi yang disiarkan langsung di Pusat Kendali Luar Angkasa Beijing.

BEIJING - Negeri Panda sukses menunjukkan kejayaannya di luar angkasa. Kemarin, astronot Zhai Zhigang sukses melakukan spacewalk pertamanya. Spacewalk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close