Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tip Redakan Batuk di Musim Pancaroba, Ada Obat OTC

Minggu, 28 Juli 2024 – 14:34 WIB
Tip Redakan Batuk di Musim Pancaroba, Ada Obat OTC - JPNN.COM
Dokter ahli memberikan tip redakan batuk di musim pancaroba, ada obat OTC tanpa resep. Foto dok. Bintang Toedjoe

jpnn.com, JAKARTA - Batuk adalah kondisi umum yang sering terjadi di musim peralihan dari hujan menjadi kemarau atau sebaliknya.

Batuk juga merupakan refleks alami yang berfungsi membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritan asing.

"Jika batuk berlangsung lebih dari dua minggu dan ada gejala kesulitan bernafas lebih baik konsultasi ke dokter," kata dr. Patriotika Ismail, Sp.PD, spesialis penyakit dalam RS EMC Cikarang, Minggu (28/7)

Secara umum batuk memang berfungsi membersihkan tenggorokan dari lendir. Selain itu, juga beberapa kondisi yang memicu batuk lebih sering terjadi.

Tak jarang refleks batuk terjadi karena hal sepele, dari mulai tenggorokan gatal, makanan tersangkut di kerongkongan, sampai ketika minum atau bicara terlalu cepat. 

"Selain tampak sepele, batuk juga bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius, makanya harus ada pertolongan pertama meredakannya," ucapnya.

Dia menambahkan, keluhan batuk menjadi alasan 30 juta kunjungan ke klinik setiap tahun. Dari semua kunjungan itu 40 persen pasien dilanjutkan pemeriksaan ke dokter spesialis. 

Sementara, kasus batuk akut perlu dilakukan perawatan untuk meredakan gejalanya. Namun, untuk sebagian besar jenis batuk, obat batuk over-the-counter (OTC) yang dijual bebas jika dikonsumsi sesuai dosis bisa membantu memberi pertolongan pertama. 

Dokter ahli memberikan tip redakan batuk di musim pancaroba, ada obat OTC tanpa resep

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA