Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiru AS, Indonesia Ingin Punya Dewan Keamanan Nasional

Kamis, 24 Juni 2010 – 00:50 WIB
Tiru AS, Indonesia Ingin Punya Dewan Keamanan Nasional - JPNN.COM
JAKARTA – Wacana pembentukan Dewan Keamanan Nasional terus menguat. Rencananya, dalam waktu dekat Ikatan Alumni Lembaga Pertahanan Nasional (IKAL) akan menyerahkan naskah akademik mengenai sistem keamanan nasional kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Dewan Pertimbangan IKAL yang juga Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro,  mengatakan, seminar nasional dengan tema "Mencari Format Keamanan Nasional dalam Era Demokrasi dan Globalisasi" yang digelar di Lemhanas, Rabu (23/6), telah mengantongi kesepakatan tentang format sistem keamanan nasional. “Kami segera menyusun naskah akademik yang nantinya menjadi modal untuk menyusun RUU (Rancangan Undang-undang) sistem keamanan nasional. Naskah ini akan kami laporkan kepada Presiden,” kata Purnomo dalam konfrensi pers di Jakarta, Rabu (23/6).

Ia menambahkan, seminar yang menghadirkan beberapa pejabat tinggi di antaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Tohari, Ketua Baleg DPR RI Ignatius Mulyono, serta Pangima TNI Djoko Santoso dan Kapolri Bambang Hendarso Danuri itu, juga membahas mengenai ancaman keamanan nasional. Menurut Purnomo, masalah keamanan nasional tak hanya berkaitan dengan masalah pertahanan, tetapi juga meliputi masalah sosial ekonomi.

“Masalah daerah perbatasan pun masuk ke dalamnya. Pengamanan daerah perbatasan bukan hanya militer, ada juga faktor poltik dan ekonomi. Untuk itu, pemerintah sudah membuat badan nasional pengelola perbatasan guna memperkuat ketahanan nasional,” terangnya.

JAKARTA – Wacana pembentukan Dewan Keamanan Nasional terus menguat. Rencananya, dalam waktu dekat Ikatan Alumni Lembaga Pertahanan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close