Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tito Karnavian Sebut Hasto Bukan Doktor Kaleng-Kaleng

Senin, 06 Juni 2022 – 19:46 WIB
Tito Karnavian Sebut Hasto Bukan Doktor Kaleng-Kaleng - JPNN.COM
Mahasiswa S3 Universitas Pertahanan (Unhan) RI Hasto Kristiyanto menjalani sidang terbuka promosi gelar doktor, Senin (6/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, SENTUL - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai disertasi milik Hasto Kristiyanto tentang teori geopolitik Soekarno adalah salah satu karya terbaik yang pernah ada di Indonesia. Dia menganggap Hasto bukan doktor sembarangan.

Jenderal purnawirawan Polri itu saat menjadi salah satu penguji eksternal disertasi Hasto Kristiyanto yang dipaparkan dalam sidang terbuka di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Senin (6/6).

Disertasinya berjudul “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara”.

“Kami melihat jujur, sudah beberapa kali kami menguji doktoral, dan 415 halaman ini saya baca dari awal sampai akhir, dan saya melihat mohon maaf, tidak bermaksud memuji, ini adalah salah satu disertasi terbaik yang pernah saya baca,” kata Tito yang disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Dari sisi aliran konten disertasi, Tito mengaku karya tulis Hasto itu sudah sangat benar.

Eks Kapolri itu menganggap Hasto berhasil merumuskan masalah sekaligus menemukan solusi atau saran atas kondisi yang ada.

Dari sisi unsur kebaruan, Tito menilai Hasto berhasil merumuskan geopolitik Soekarno sebagai Progresif Geopolitic Coexistence dengan lima ciri pokok serta tujuh variabel pemikiran.

Hasto berani maju dengan mengangkat geopolitik Soekarno sebagai sebuah teori, yang dapat menjadi dasar atau pondasi konsep pertahanan negara Indonesia.

Tito Karnavian menganggap Hasto Kristiyanto menguasai disertasinya dan berani mengimplementasikan pemikiran Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close