Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tito Karnavian Ungkap 4 Asal Senjata KKB, Sebagian Besar Ternyata, Oh

Kamis, 25 Mei 2023 – 14:30 WIB
Tito Karnavian Ungkap 4 Asal Senjata KKB, Sebagian Besar Ternyata, Oh - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian (kiri). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mendagri Tito Karnavian menyebutkan beberapa sumber pasokan dan amunisi senjata yang dipakai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Pertama, pasokan senjata api ilegal yang masuk ke wilayah Papua berasal dari Papua Nugini.

"Saya pernah jadi Kapolda di sana (Papua), setahu saya ada beberapa kasus tapi tidak banyak," ujar Tito Karnavian saat ditanya ANTARA terkait apakah senjata yang dipakai KKB berasal dari jalan tikus perbatasan Papua-PNG, Kamis (25/5).

Kapolda Papua periode 21 September 2012–16 Juli 2014 itu itu menjelaskan, senjata itu bisa masuk melalui jalur-jalur darat, menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke.

Kendati demikian, lanjutnya, kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua-PNG dinilai tidak banyak.

Kedua, senjata ilegal itu juga merupakan hasil perampasan seusai tembak menembak antara kelompok bersenjata Papua dengan aparat keamanan.

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," kata Tito Karnavian.

Ketiga, senjata ilegal yang digunakan oleh KKB berasal dari daerah yang pernah berkonflik, seperti Konflik Ambon Bersenjata.

Mendagri Tito Karnavian menyebut 4 asal pasokan senjata KKB di Papua. Terungkap sebagian besar ternyata bukan dari luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close