Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL – Angkatan Laut Australia Tingkatkan Keamanan Maritim di Perbatasan

Minggu, 14 Mei 2023 – 08:31 WIB
TNI AL – Angkatan Laut Australia Tingkatkan Keamanan Maritim di Perbatasan - JPNN.COM
TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyambut kedatangan Kapal Perang Australia HMAS Launceston III (P94) dalam rangka kegiatan Cassowary Exercise bertempat di dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (12/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, BALI - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyambut kedatangan Kapal Perang Australia HMAS Launceston III (P94) dalam rangka kegiatan Cassowary Exercise bertempat di dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (12/5).

Cassowary Exercise akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 17 sampai dengan 21 Mei 2023 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Selama di Bali, unsur TNI AL dan Royal Australian Navy (RAN) atau Angkatan Laut Australia ini akan melaksanakan perencanaan latihan Cassowary/Cassowary Exercise 2023 (Cassowex 23) yang melibatkan KRI Dorang-874, KRI Bawal-875, HMAS Launceston III (P94) dan unsur dari TNI AU serta Royal Australian Air Force (RAAF).

Pada tahun 2023 ini latihan bersama Cassoex dilaksanakan secara kombinasi dengan latihan bersama Albatros yang dilaksanakan antara TNI AU dengan RAAF dan TNI AL sebagai penyelenggara pada kedua latihan bersama tersebut.

Latma Cassoex bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam patroli keamanan maritim di wilayah perbatasan laut Indonesia dan Australia, selain untuk meningkatkan hubungan baik dengan negara sahabat.

Latihan ini juga untuk meningkatkan kerja sama dan interoperabilitas dalam menjamin keamanan di perairan perbatasan Indonesia dan Australia.

Kedatangan HMAS Launceston III (P94) disambut oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, Asisten Athan Angkatan Laut Australia CPO Warner Barrie, serta sejumlah perwira dari Pangkalan Angkatan Laut Denpasar.

HMAS Launceston III (P94) yang dikomandani oleh LCdr Andrian Hicks ini diawaki 29 personel.

TNI AL dan Angkatan Laut Australi meningkatkan kerja sama dalam patroli keamanan maritim di wilayah perbatasan laut Indonesia dan Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close