Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Bantu Evakuasi KM Dampelan Indah yang Terbalik

Selasa, 28 September 2021 – 09:37 WIB
TNI AL Bantu Evakuasi KM Dampelan Indah yang Terbalik - JPNN.COM
Prajurit TNI AL dari Lanal Melonguane menurunkan Tim SAR membantik evakuasi ABK KM Dampelan Indah yang terbalik pada Sabtu (25/9) di perairan Talaud, Sulawesi Utara. Foto: Dispenal

jpnn.com, MANADO - TNI AL dari kesatuan Pangkalan TNI AL (Lanal) Melonguane menurunkan Tim Search and Rescue (SAR) evakuasi medis untuk membantu KM Dampelan Indah yang terbalik pada Sabtu (25/9) akibat dihantam ombak tinggi dan angin kencang.

KM Dampelan Indah yang diawaki 15 nelayan asal Desa Tule itu mengalami musibah pada posisi koordinat 4° 7'24.04" LU - 127° 8'25.50" BT yaitu sekitar 20 NM dari pantai perairan Talaud, Sulawesi Utara.

Setelah terapung-apung di laut sekitar dua jam, seluruh ABK KM Dampelan Indah dapat diselamatkan oleh ABK Kapal Angel 02 yang sedang beraktivitas di sekitar perairan tersebut.

Dari hasil koordinasi dengan berbagai pihak serta mempertimbangkan jarak dan cuaca, kegiatan SAR dan evakuasi tidak dapat menggunakan kapal kecil.

Oleh karena itu, Letkol Marinir Adi Sucipto selaku Komandan Lanal Melonguane memerintahkan perwira stafnya untuk melaksanakan analisa dan perencanaan cepat, menyiagakan dan menurunkan Tim SAR Evakuasi Medis ke lapangan.

Tim terdiri dari Tim Laut dengan dilengkapi perahu karet dan peralatan SAR serta Tim Darat yang dilengkapi dengan peralatan medis lapangan dan tenaga kesehatan termasuk dokter.

Dengan kerja sama yang baik, akhirnya pukul 20.30 WITA sebanyak 15 ABK beserta kapal yang terbalik berhasil ditarik mendekat ke arah pantai oleh KM Angel 02 serta dapat ditindaklanjuti oleh Tim SAR dan Evakuasi Medis dari Lanal Melonguane.

Masih berada di atas kapal, seluruh ABK yang selamat mendapatkan pemeriksaan kesehatan di lokasi oleh Letda Laut (K) Fahmi Henggar P selaku Katim Medis.

TNI AL dari Lanal Melonguane menurunkan Tim SAR evakuasi medis untuk membantu KM Dampelan Indah yang terbalik pada Sabtu (25/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close