Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Berhasil Evakuasi Awak Kapal KM Sumber Kharisma yang Tenggelam di Aceh

Senin, 28 Februari 2022 – 23:48 WIB
TNI AL Berhasil Evakuasi Awak Kapal KM Sumber Kharisma yang Tenggelam di Aceh - JPNN.COM
TNI AL melalui Pos TNI AL (Posal) Idi Rayeuk Lanal Lhokseumawe bersama nelayan setempat berhasil mengevakuasi awak KM Sumber Kharisma asal Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara yang alami kecelakaan dan tenggelam di sekitar perairan Aceh Timur, Minggu, (27/2). Foto: Dispenal

jpnn.com, ACEH - TNI AL melalui Pos TNI AL (Posal) Idi Rayeuk Lanal Lhokseumawe bersama nelayan setempat berhasil mengevakuasi awak KM Sumber Kharisma asal Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara yang alami kecelakaan dan tenggelam di sekitar perairan Aceh Timur, Minggu, (27/2).

Kejadian bermula ketika KM Sumber Kharisma pada Minggu (27/2) pukul 05.00 WIB sedang lego jangkar di Perairan Ujung Peureulak sekitar 16 Nmi dari daratan, ditabrak oleh Kapal sejenis Tanker yang bergerak dari timur ke barat.

Kejadian tersebut mengakibatkan bagian belakang KM Sumber Kharisma mengalami retak dan bocor sehingga air mulai masuk ke kapal.

Selanjutnya pukul 05.10 WIB KM Sumber Kharisma berusaha menghidupkan mesin kapal dan bergerak menuju arah daratan terdekat dengan Kecepatan 7 Knot.

Sekitar pukul 12.00 WIB kapal tidak bisa bergerak lagi karena mesin mati, kapal terapung-apung dan tidak lama kemudian kapal mulai tenggelam sekitar 3 NMi dari daratan Idi Rayeuk.

Salah satu kapal nelayan milik bapak Hasbi yang kebetulan melintas, menolong sembilan awak kapal yang sebelumnya melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Sesaat setelah mendapat laporan dari masyarakat nelayan setempat, Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah segera memerintahkan Danposal Idi Rayeuk Aceh Timur untuk melaksanakan upaya Search And Rescue (SAR) terhadap awak KM. Sumber Kharisma yang mengalami Kecelakaan diperairan Aceh Timur tersebut.

Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin langsung merespon perintah Danlanal dan mempersiapkan pelaksanaan SAR.

TNI AL melalui Posal Idi Rayeuk Lanal Lhokseumawe bersama nelayan setempat berhasil mengevakuasi awak KM Sumber Kharisma asal Gabion Belawan, Medan, Sumatera Utara yang alami kecelakaan dan tenggelam di sekitar perairan Aceh Timur, Minggu, (27/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close