Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

TNI AL dan BI Bekerja Sama Distribusikan Uang ke Wilayah Ini

Jumat, 11 Juni 2021 – 23:44 WIB
TNI AL dan BI Bekerja Sama Distribusikan Uang ke Wilayah Ini - JPNN.COM
Asops KSAL Laksda TNI Didik Setiyono dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) berkaitan pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah di daerah perbatasan, terdepan dan terpencil. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL dan Bank Indonesia (BI) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) berkaitan pendistribusian, pengamanan dan pengawalan uang rupiah.

Uang dari BI atau perwakilan BI didistribusikan ke seluruh wilayah perbatasan terdepan dan terluar serta terpencil di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penandatangan yang berlangsung di Bali Ballroom Hotel Indonesia Jakarta, Jumat (11/6) itu dilakukan oleh Asisten Operasi (Asops) KSAL Laksamana Muda TNI Didik Setiyono mewakili KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim atas nama Dewan Gubernur BI.

Laksamana Yudo dalam sambutann tertulis dibacakan Asops KSAL mengatakan TNI AL merupakan bagian integral dari TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang bertanggung jawab terhadap tetap tegaknya NKRI.

Di samping tugas pokok tersebut, TNI AL bersinergi dengan seluruh elemen negara lainnya untuk turut serta menjamin tetap berlangsungnya kegiatan perekonomian di dalam negeri.

Menurut dia, kegiatan perbankan merupakan sebuah keniscayaan agar roda perputaran ekonomi dapat terus terlaksana, BI sebagai pengemban amanah kegiatan perbankan negara bertanggung jawab agar ketersediaan uang rupiah di seluruh penjuru nusantara dapat terpenuhi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan sebagai upaya bagi terciptanya stabilitas kegiatan ekonomi.

“Untuk mendukung hal tersebut TNI AL telah menyiapkan dukungan alutsista berupa KRI agar kegiatan ini dapat terlaksana secara optimal,” tegas Laksamana Yudo.

Hadir dalam penandatanganan PKS ini Kadiskum AL Laksma TNI Kresno Buntoro, Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Bapak Yudi, Paban II/Ops Sopsal serta perwakilan perwira dari Itjenal, Koorsahli, Srenaal, Sintelal dan Setumal.(fri/jpnn)