Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL dan Indian Navy Adu Cekatan Saat Manuver Lapangan

Rabu, 06 November 2019 – 08:07 WIB
TNI AL dan Indian Navy Adu Cekatan Saat Manuver Lapangan - JPNN.COM
Fleet Commander Eastern Fleet, Rear Admiral Sijrat Berry didampingi Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan saat membuka Latma Samudera Shakti 2019 di India, Selasa (5/11). Foto: Dispenal

jpnn.com, INDIA - TNI AL terus meningkatkan kerja sama militer dengan Indian Navy (IN). Salah satunya diwujudkan dengan adu cekatan dengan menggelar Latihan Bersama (Latma) Samudera Shakti 2019. Acara ini dibuka oleh Fleet Commander Eastern Fleet, Rear Admiral Sijrat Berry didampingi Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan di Indian Navy Eastern Fleet Headquarter, Visakapatnam, India, Selasa (5/11).

Adapun latar belakang digelarnya Latma Samudera Shakti 2019 ini dikarenakan adanya kesamaan geografis antara Indonesia dengan India. Terutama karena kedua negara tersebut memiliki batas laut yang sama dan berada di jalur utama pelayaran internasional.

Danguskamla Koarmada I dalam kesempatan itu antara lain menyampaikan bahwa topik yang dibahas dalam latma ini, fokus pada ancaman keamanan maritim antara lain terorisme, Search And Rescue (SAR), lingkungan maritim, tindak kriminal yang terorganisir antar negara serta aneka kejadian lainnya.

“Beberapa hari ke depan TNI AL dan Indian Navy akan melaksanakan manuver lapangan yang tentunya akan terdapat beberapa perbedaan, baik prosedur maupun bahasa antara personel TNI AL dan Indian Navy. Namun dengan latihan yang sungguh-sungguh saya yakin seluruh kegiatan ini akan sukses dan berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Danguskamla Koarmada I juga berharap agar seluruh prajurit yang terlibat dapat memberikan perhatian secara khusus terhadap segala jenis tindakan keselamatan di laut, sehingga latihan ini memberikan manfaat yang baik bagi kedua Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme prajurit matra laut serta meningkatkan interaksi sosial Seaman Brotherhood antara kedua Angkatan Laut.

Latma Samudera Shakti 2019 ini terbagi dalam tiga fase latihan yaitu Harbour Phase, Sea Phase dan Post Exercise Phase dengan melibatkan unsur kapal perang KRI Usman Harun-359 dan INS Kamorta dengan area latihan berada di Teluk Benggala, India.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Duta Besar Republik Indonesia untuk India Sidharto Reza Suryodipuro, Perwira Latma Bilateral Disopslatal Mayor Laut (P) Oscar Johanes serta Perwira dari Angkatan Laut India.(fri/jpnn)

TNI AL dan Indian Navy akan adu cekatan saat latihan bersama dengan menggelar manuver lapangan di Indian Navy Eastern Fleet Headquarter, Visakapatnam, India, Selasa (5/11).

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close