Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Banten

Kamis, 29 Agustus 2024 – 09:46 WIB
TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Banten - JPNN.COM
Prajurit TNI AL dalam hal ini Tim Satgas Gabungan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan rokok ilegal di Pelabuhan PT. ASDP Merak, Banten, Rabu (28/8/2024). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL dalam hal ini Tim Satgas Gabungan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan rokok ilegal di Pelabuhan PT. ASDP Merak, Banten, Rabu (28/8/2024).

Kronologi kejadian berawal dari kecurigaan tim Satgas saat melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan jenis truck colt diesel pada Rabu, 28 Agustus 2024 pagi hari.

Pada saat petugas menanyakan perihal surat jalan dan manifest barang, pengemudi hanya mampu menunjukkan 1 lembar surat jalan tanpa disertai manifest barang yang diangkut.

Berdasarkan kecurigaan tersebut, tim satgas selanjutnya membawa kendaraan, muatan dan tiga orang terduga pelaku ke Mako Lanal Banten untuk melaksanaan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah pemeriksaan terhadap 1 buah mobil jenis colt diesel wing box warna putih dengan terduga pelaku dengan inisial PF (35 TH) adalah supir yang berasal dari Tulungagung, Jawa Timur, bersama kedua kernet inisial AS (25 TH) asal Magetan, Jawa Timur, dan EP (44 TH) asal Tulungagung Jawa Timur.

Setelah pemeriksaan kepada ketiganya didapatkan kendaraan tersebut membawa muatan rokok sebanyak 190 kardus dengan rincian 1 kardus isi 6 ball, 1 ball isi 10 slop, 1 slop isi 10 bungkus, dan 1 bungkus isi 20 batang. Total rokok yang dibawa 2.280.000 batang.

Selanjutnya dari hasil pendalaman, 1 bungkus rokok yang seharusnya memakai pita cukai 20, akan tetapi hanya tertera 12 batang.

Selanjutnya pita cukai yang seharusnya skm (sigarete kretek mesin) akan tetapi yang tertera pita cukai skt (sigarete kretek tangan).

TNI AL dalam hal ini Tim Satgas Gabungan Lanal Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan rokok ilegal di Pelabuhan PT. ASDP Merak, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA