Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI Berduka, Selamat Jalan Letjen Purnawirawan Sayidiman, Jasamu Selalu Dikenang

Minggu, 17 Januari 2021 – 06:05 WIB
TNI Berduka, Selamat Jalan Letjen Purnawirawan Sayidiman, Jasamu Selalu Dikenang - JPNN.COM
Mantan KSAD Letjen (Purn) TNI Sayidiman Suryohadiprodjo. Foto: Tangkapan Instagram/ngopibareng

jpnn.com, JAKARTA - Keluarga besar TNI sedang berduka. Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo, mantan KSAD dan Duta Besar RI di Jepang telah wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebaroto, Jakarta Pusat, Sabtu, 16 Januari 2021.

Almarhum adalah salah satu perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang memiliki kepedulian besar terhadap dunia penerbangan Indonesia. Nama Sayidiman mungkin jarang terdengar di media massa.

Namun dia merupakan salah satu sesepuh dan legenda TNI AD yang cukup dikenal. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Sayidiman guru militernya saat Mahfud ditugasi sebagai Menteri Pertahanan oleh Gus Dur.

"Ketika diangkat jadi menhan (2000) saya agak buta tentang TNI. Maka saya undang ahli TNI dan pakar sejarah Dwifungsi ABRI ke rumah untuk memberi kuliah kepada saya. Pak Sayidiman, Pak Hasnan Habib, dan Bang Salim Said adalah guru yang mengajari saya tentang militer di Indonesia. Semoga amalnya diterima," ujar Mahfud mengenang almarhum.
 
Sayidiman merupakan salah satu lulusan terbaik Akademi Militer Yogyakarta tahun 1948. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, seperti Wakil KSAD (1973) dan Gubernur Lemhannas (1974-1978).

Di luar penugasan bidang militer, Sayidiman pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang (1979).

Selain itu, berbagai operasi tempur juga pernah diikuti pria kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur pada 21 September 1927.

Seperti perang kemerdekaan melawan penjajah. Saat berdinas di TNI, Sayidiman pernah ditugaskan melawan pemberontakan Darul Islam, PRRI/Permesta, dan G30S/PKI.

Kepala Staf Angkatan Darat (AD) Jenderal Andika Perkasa dan Keluarga Besar TNI AD pun turut berduka cita, atas meninggalnya Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo.

Mendiang Letjen TNI Purnawirawan Sayidiman Suryohadiprodjo sangat berjasa dalam perang merebutkan kemerdekaan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close