Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI, Militer AS, dan Negara Mitra Siap Bergabung di Latihan Garuda Shield 2022

Selasa, 26 Juli 2022 – 17:01 WIB
TNI, Militer AS, dan Negara Mitra Siap Bergabung di Latihan Garuda Shield 2022 - JPNN.COM
Tentara Nasional Indonesia dan militer AS dalam Latihan Garuda Shield 2021. Foto: U.S. Army.

jpnn.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan militer Amerika Serikat akan bergabung dengan personel dari Australia, Jepang, dan Singapura dalam latihan Garuda Shield 2022.

Latihan bersama dan gabungan tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik (INDOPACOM) tahun ini akan digelar pada 1-14 Agustus di Baturaja, Sumatera Selatan, Amborawang, Kalimantan Timur, dan Pulau Batam, Kepulauan Riau.

Garuda Shield dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.

Latihan Garuda Shield 2022 akan jauh lebih besar cakupan dan skalanya dibandingkan sebelumnya dengan banyak negara untuk kali pertama ikut berpartisipasi atau hadir sebagai pengamat.

Selain negara-negara yang berpartisipasi aktif, Kanada, Prancis, India, Malaysia, Korea Selatan, Papua Nugini, Timor Leste, dan Inggris diharapkan bergabung sebagai negara pengamat.

“Saya bangga melihat bagaimana Garuda Shield telah berkembang dibandingkan tahun lalu, dalam musim panas ini dikembangkan menjadi latihan gabungan multinasional yang mencakup semua komponen militer,” kata Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik Jenderal Charles Flynn dalam rilis Kedubes AS, Selasa (26/7).

Jenderal Flynn menambahkan bahwa ini merupakan simbol ikatan AS-Indonesia dan hubungan yang berkembang antara kekuatan darat di wilayah yang sangat penting itu, karena kekuatan darat adalah perekat yang menyatukan arsitektur keamanan kawasan.

“Kami melakukannya bersama dengan membangun kesiapan, membangun hubungan, dan membangun kepercayaan. Menyatukan pasukan kita seperti ini, kita menjahit jalinan keamanan regional menjadi sesuatu yang langgeng,” ungkap Flynn.

TNI dan militer AS akan bergabung dengan personel dari Australia, Jepang, dan Singapura, dalam Latihan Garuda Shield 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close