Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Papua Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Aksi ULMWP

Selasa, 17 Oktober 2023 – 01:00 WIB
Tokoh Papua Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Aksi ULMWP - JPNN.COM
Tokoh adat Keerom Herman Yoku (kanan), Ondofolo Yanto Eluay (Tengah) , dan Tokoh Pemuda Max Abner Ohee (pertama). foto: Ridwan/jpnn

jpnn.com - Para tokoh di Papua menyampaikan pernyataan sikap atas rencana aksi demonstrasi yang disuarakan oleh Kelompok United Liberatioan Movement For West Papua (ULMWP) untuk memberikan dukungan pada kegiatan pertemuan Internasional Parliement West Papua (IPWP) di Parlemen Inggris pada tanggal 18 Oktober 2023, yang diikuti oleh Benny Wenda. 

Menurut tokoh pemuda Papua Max Abner Ohee apa yang dilalukan oleh kelompok ULMWP adalah tindakan yang salah dan tidak mewakili aspirasi rakyat Papua.

"Papua adalah Indonesia, hal ini sudah sah dan final yang dinyatakan dalam Resolusi PBB No 25/24, bahwa Irian Barat dulu sekarang Papua dan Papua Barat sudah sah menjadi bagian dari NKRI, tidak bisa diganggu gugat dan Tidak mungkin kemudian resolusi itu diganti, jadi semua usaha yang dilakukan oleh kelompok yang bertentangan dengan NKRI itu hanya untuk kepentingan segelintir orang saja, bukan mewakili aspirasi orang Papua," ungkap Max, Senin (16/10). 

Ditambahkan Yanto Eluay bahwa Hasil Putusan Dewan HAM PBB, Indonesia menempati urutan tertinggi, sehingga sudah nyata Indonesia sangat memperhatikan HAM di Papua.

Upaya perjuangan Papua merdeka oleh ULMWP sampai kapanpun hanya sia-sia tidak akan pernah berhasil

"Isu-isu Pelanggaran HAM di Papua merupakan propaganda yang dimainkan oleh kelompok ULMWP dan simpatisannya untuk membohongi rakyat Papua pada umumnya," ujar Yanto Eluay yang juga Ondofolo. 

Menurutnya, ULMWP dan Simpatisannya baik yang di luar maupun dalam negeri punya kepentingan sendiri bukan untuk rakyat Papua, sehingga masyarakat Papua jangan mau diprovokasi untuk mengikuti aksi-aksi yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu salah satu tokoh adat dari Keerom Herman Yoku mengajak seluruh pihak agar ikut mencerdaskan generasi muda Papua melaui program-program kebijakan pemerintah demi masa depan yang lebih baik, karena ULMWP tidak memiliki visi dan misi untuk membangun orang papua, melainkan menghancurkan masyarakat Papua sendiri.

Aksi ULMWP dinilai para tokoh Papua adalah Propaganda untuk memecah belahkan persatuan NKRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close