Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tolak Usul Malaysia, Mas Nadiem: Bahasa Indonesia Lebih Unggul!

Selasa, 05 April 2022 – 22:51 WIB
Tolak Usul Malaysia, Mas Nadiem: Bahasa Indonesia Lebih Unggul! - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menilai bahasa Indonesia layak jadi bahasa resmi ASEAN.

Bahasa Indonesia menurutnya lebih layak untuk dikedepankan dengan mempertimbangkan keunggulan historis, hukum, dan linguistik. 

Nadiem kemudian menjelaskan bahwa di tingkat internasional, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan persebarannya telah mencakup 47 negara di seluruh dunia. 

Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) juga telah diselenggarakan oleh 428 lembaga, baik yang difasilitasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh pegiat BIPA, pemerintah, dan lembaga di seluruh dunia. 

Selain itu, bahasa Indonesia juga diajarkan sebagai mata kuliah oleh sejumlah kampus kelas dunia di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, serta di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia.

Nadiem membeberkan, dengan semua keunggulan yang dimiliki bahasa Indonesia. Mulai dari aspek historis, hukum, dan linguistik, serta bagaimana bahasa Indonesia menjadi bahasa yang diakui secara internasional, sudah selayaknya bahasa Indonesia duduk di posisi terdepan.

"Jika memungkinkan menjadi bahasa pengantar untuk pertemuan-pertemuan resmi ASEAN,” ujar Nadiem Makarim, Selasa (5/4).

Dalam perjalanannya, peran Bahasa Indonesia diperkuat dengan udang-undang dan peraturan-peraturan hukum. Pascakemerdekaan Indonesia, disebutkan dalam Pasal 36 UUD Republik Indonesia bahwa Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan bahasa Indonesia lebih unggul daripada bahasa Melayu yang diusulkan Malaysia jadi bahasa resmi ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close