Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tolong! Korban Gempa Juga Butuh Bantuan, Banyak yang Masih Tinggal di Tenda Darurat

Kamis, 26 Maret 2020 – 14:57 WIB
Tolong! Korban Gempa Juga Butuh Bantuan, Banyak yang Masih Tinggal di Tenda Darurat - JPNN.COM
Sejumlah anak-anak penyintas bencana bermain di depan tenda daruratnya di shelter Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (25/3). Foto: Antara

jpnn.com, PALU - Warga korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah masih banyak yang masih tinggal di tenda-tenda darurat, meski pemerintah dan berbagai lembaga kemanusiaan peduli bencana alam telah membangun hunian sementara dan hunian tetap.

"Kami masih bertahan di tenda darurat, sebab tidak mendapatkan hunian sementara (huntara)," kata seorang warga korban gempa di kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Bahtiar, Kamis (26/3).

Ia mengatakan, meski hanya tinggal di tenda darurat, namun mereka cukup bahagia karena masih ada warga lain yang tetap membawakan bantuan bahan makanan dan lainnya.

Tetapi sekarang ini, kata dia, sejak wabah virus corona melanda Indonesia dan sudah meluas ke berbagai daerah, meski di Sulteng, termasuk Kota Palu belum ada warga yang dilaporkan positif terinfeksi virus corona penyebab COVID-19, ia mengaku sangat was-was terhadap penyakit itu.

"Terus terang hari-hari ini kami terus dihantui virus Corona yang telah membunuh ribuan orang di berbagai negara, termasuk di Indonesia," katanya.

Karena itu, ia meminta pemerintah atau instansi berwenang untuk melakukan penyemprotan di tenda-tenda darurat yang menjadi tempat tinggal sementara para pengungsi korban gempa di Palu yang terjadi pada 28 September 2018 lalu.

"Kami berharap tempat kami juga disemprot desinfektan guna mencegah virus tersebut," pinta Bahtiar.

Hal senada juga diungkapkan Jaka, salah seorang pengungsi di Desa Wombo Kalonga, Kecamatan Palu Utara. Ia mengatakan mereka sangat berharap penyemprotan dilakukan di seluruh permukiman warga, termasuk warga yang masih ada di tenda-tenda darurat.

Warga korban gempa yang masih tinggal di tenda-tenda darurat karena tidak mendapatkan hunian sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close