Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Top, 26 OPD dan 7 RSUD Milik Pemprov Jateng Meraih Predikat Badan Publik Informatif

Jumat, 22 Desember 2023 – 15:00 WIB
Top, 26 OPD dan 7 RSUD Milik Pemprov Jateng Meraih Predikat Badan Publik Informatif - JPNN.COM
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dalam acara Komisi Informasi Publik (KIP) Award di Hotel Patrajasa, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (21/3) malam. Sebanyak 26 OPD dan tujuh RSUD) milik Pemprov Jateng mendapatkan predikat informatif. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG – Sebanyak 26 organisasi perangkat daerah (OPD) dan tujuh rumah sakit umum daerah (RSUD) milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendapatkan predikat informatif dari Komisi Informasi (KI) wilayah setempat. Penghargaan itu diberikan dalam acara Komisi Informasi Publik (KIP) Award di Hotel Patrajasa, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (21/3) malam.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengapresiasi badan publik di lingkungan Pemprov Jateng yang berhasil meraih KIP Award dengan predikat informatif. "Mudah-mudahan keterbukaan informasi publik ini selalu meningkat dari tahun ke tahun,” kata Nana Sudjana.

Dia menjelaskan bahwa  keterbukaan informasi publik merupakan salah satu poin penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, dan dapat mendorong partisipasi masyarakat.

Oleh karena itu, Nana mendorong seluruh badan publik yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk terbuka.

"Jadi, semuanya akan kami lakukan, seluruh OPD, BUMD, khususnya yang ada di bawah pemerintahan Provinsi Jawa Tengah,  agar semuanya lebih terbuka, bersikap kooperatif dalam menjawab, dan mengikuti semua tahapan penilaian keterbukaan publik," ungkapnya.

Nana mengatakan untuk mewujudkan pemerintahan yang terbuka, tidak hanya dibutuhkan perubahan karakter, mentalitas, dan pola pikir di kalngan birokrasi pemerintah dan badan publik.

Namun, lanjut Nana, dibutuhkan pula reformasi sistem dan pola kerja, terutama dengan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Untuk memastikan prasyarat itu, Pemprov Jateng selalu melakukan monitoring dan evaluasi agar selalu ada keterbukaan informasi publik.

Sebanyak 26 OPD dan 7 RSUD milik Pemprov Jateng meraih predikat badan publik informatif dalam KIP Award.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close