Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TPA Kopi Luhur Kota Cirebon Terbakar, Polres Mengerahkan Personel dan Water Cannon Membantu Pemadaman

Sabtu, 09 September 2023 – 22:40 WIB
TPA Kopi Luhur Kota Cirebon Terbakar, Polres Mengerahkan Personel dan Water Cannon Membantu Pemadaman - JPNN.COM
Polisi dan mobil water canon diterjunkan untuk membantu pemadaman api di TPA Kopi Luhur, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2023) malam. ANTARA/F Rohman

jpnn.com - JAKARTA - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur, Kota Cirebon, Jawa Barat, terbakar pada Sabtu (9/9).

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Rano Hadiyanto mengatakan pihaknya menerjunkan personel berikut kendaraan water canon untuk bergabung dengan petugas lainnya memadamkan kobaran api agar tidak meluas.

"Kami bekerja sama dengan dinas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Petugas dari Polres Cirebon Kota yang diterjunkan sebanyak 30 personel," kata Rano di lokasi kebakaran.

Rano menyebutkan satu unit mobil water canon itu mampu menampung 5.000 liter air. "Kekuatan penyemprotan water canon ini bisa mencapai 25 bar," ungkap Rano.

Dengan tambahan bantuan personel dari Polres Cirebon Kota diharapkan api di TPA Kopi Luhur segera tertangani.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon Yuni Darti memastikan proses investigasi akan dilakukan apabila kobaran api di TPA Kopi Luhur sudah padam.

Menurut dia, dugaan sementara insiden kebakaran itu disebabkan adanya bara api yang terbawa angin dari lokasi pembakaran lahan kosong dekat TPA Kopi Luhur. "Kami akan melakukan investigasi karena TPA ini menampung sampah 100 ton per hari," katanya.

Dia memperkirakan areal yang terbakar di TPA Sampah Kopi Luhur mencapai 300-400 meter persegi dari total luas lahan 5,2 hektare. "Kebakaran ini diperkirakan menghanguskan 300-400 meter lahan," katanya.

TPA Kopi Luhur Kota Cirebon terbakar. Polres Cirebon Kota menerjunkan puluhan personel dan water cannon membantu pemadaman api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close