Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Transportasi Online Dibatasi, Pengangguran Meningkat

Senin, 27 Maret 2017 – 17:14 WIB
Transportasi Online Dibatasi, Pengangguran Meningkat - JPNN.COM
GoJek.

jpnn.com, JAKARTA - Pembatasan kuota transportasi berbasis aplikasi (online) oleh pemerintah berpotensi menciptakan tambahan pengangguran baru selain merugikan konsumen.

Selama ini, keberadaan bisnis angkutan berbasis aplikasi turut menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Sosiolog Musni Umar menyatakan bisnis transportasi berbasis aplikasi menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat. Karena itu, pemberian kuota dianggap bisa mengurangi lapangan pekerjaan yang selama ini sudah dinikmati oleh masyarakat.

“Padahal pemerintah sendiri yang terus berusaha membuka lapangan pekerjaan,” kata Musni kepada wartawan, Senin (27/3).

Keberadaan transportasi online turut meningkatkan kesejahteraan pengemudi dan keluarganya. Pembatasan kuota justru akan berpeluang membuat mereka kehilangan pendapatan yang berimbas pada penurunan daya beli.

Data Badan Pusat Statistik mencatat pada Agustus 2016 jumlah penduduk bekerja meningkat 3,59 juta orang dibandingkan Agustus 2015. Adapun jumlah pengangguran turun 530 ribu orang.

Kenaikan jumlah tenaga kerja terutama di sektor Jasa Kemasyarakatan 1,52 juta orang (8,47 persen), Perdagangan 1,01 juta orang (3,93 persen), serta sektor Transportasi, Pergudangan, dan Komunikasi 500 ribu orang (9,78 persen).

Melihat data itu, sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang tenaga kerja dengan pertumbuhan tertinggi.

Pembatasan kuota transportasi berbasis aplikasi (online) oleh pemerintah berpotensi menciptakan tambahan pengangguran baru selain merugikan konsumen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close