Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tren Akses Pendanaan Meningkat, SHAFIQ Genjot Penyaluran 2023

Selasa, 24 Januari 2023 – 20:02 WIB
Tren Akses Pendanaan Meningkat, SHAFIQ Genjot Penyaluran 2023 - JPNN.COM
SHAFIQ genjot penyaluran pendanaan pada 2023. Foto: Dok SHAFIQ

jpnn.com - JAKARTA - Co-Founder dan CEO PT Shafiq Digital Indonesia (SHAFIQ) Kevin Syahrizal mengatakan terjadi peningkatan minat pengusaha untuk mendapatkan akses pendanaan melalui SCF Syariah.

Menurutnya, peningkatan tren pendanaan ditandai dengan makin beragamnya jenis industri pada penawaran melalui platform Shafiq.id.

Seperti diketahui, kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5 persen dan tingkat penyerapan tenaga kerja hingga 96,9 persen dari total nasional.

Namun, UMKM menghadapi permasalahan akses pembiayaan dan pendanaan untuk mengembangkan usahanya. Salah satu solusi alternatif saat ini adalah hadirnya platform digital Securities Crowdfunding yang berbasis Syariah di Indonesia.

UMKM dapat mengajukan pendanaan melalui penyelenggara layanan urun dana ini hingga nilai pendanaan Rp 10 miliar.

Kevin menjelaskan per 31 Desember 2022, sepanjang 2022 SHAFIQ telah mengucurkan pendanaan Rp 129,3 miliar kepada 30 pengusaha melalui 66 efek (Sukuk dan Saham Syariah).

Saat ini 15 efek telah selesai, 47 sukuk berjalan dan satu saham syariah. Berdasarkan data tersebut terdapat 24,18 persen pendanaan sesuai dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs).

Adapun industri yang melakukan penawaran melalui platform SHAFIQ didominasi sektor perdagangan 26,3 persen, telekomunikasi 26,1 persen, disusul infrastruktur dan teknologi 25,6 persen, baru kemudian energi 14,1 persen dan kesehatan 6,1 persen.

Co-Founder dan CEO SHAFIQ Kevin Syahrizal mengatakan terjadi peningkatan minat pengusaha untuk mendapatkan akses pendanaan melalui SCF Syariah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close