Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tren Naturalisasi Tim Asia Tenggara

Cara Instan Angkat Prestasi

Jumat, 23 November 2012 – 07:54 WIB
Tren Naturalisasi Tim Asia Tenggara - JPNN.COM
Cristian Gonzales. Foto: Charlie L/indopos
PADA ajang Piala AFF 2012, pemain-pemain naturalisasi yang memperkuat negara Asia Tenggara semakin banyak. Indonesia menjadi salah satu tim yang tak ketinggalan memanfaatkan pemain pindah kewarganegaraan tersebut.

------

Menjadi pemain nasional adalah sebuah kebanggaan. Seorang pemain harus mengikuti seleksi ketat, berlapis, dan bersaing dengan ribuan pemain sepak bola profesional lain untuk terpilih menjadi penggawa timnas.

Namun, beberapa tahun terakhir, demi menggapai prestasi, negara-negara di Asia Tenggara memiliki cara lain, naturalisasi. Yakni, merekrut pemain-pemain dari negara lain yang memiliki skill mumpuni dan langsung diberi kewarganegaraan agar mampu membela negara dengan instan.

Sejarah adanya pemain naturalisasi dimulai dari Singapura. Mereka melakukan proses naturalisasi pada ajang Tiger Cup (sekarang Piala AFF) 2002. Pemain-pemain yang mereka naturalisasi, antara lain, Daniel Bennett (Inggris), Egmar Goncalves (Brasil), dan Mirko Grabovac (Yugoslavia).

PADA ajang Piala AFF 2012, pemain-pemain naturalisasi yang memperkuat negara Asia Tenggara semakin banyak. Indonesia menjadi salah satu tim yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA