Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tri Handono, 'Diplomat' Gamelan di Pittsburgh, Amerika Serikat

Bangga Musik Jawa Masuk Kurikulum Universitas di AS

Selasa, 22 November 2011 – 00:22 WIB
Tri Handono, 'Diplomat' Gamelan di Pittsburgh, Amerika Serikat - JPNN.COM
Tri (belakang kiri) melatih menabuh gamelan kepada anak-anak Taman Budaya di Pittsburgh AS. Foto; Ridlwan/JAWA POS
Bekerja di negara orang tak membuat Tri Handono PhD lupa dengan tanah air dan budaya leluhur. Pria dari Surakarta itu merintis seni musik gamelan di tanah rantau tersebut. Dia memulainya dari anaknya sendiri. Tiap kali pentas, ratusan warga Amerika antre menonton.

Ridlawan Habib, Pittsburgh

JIKA mata dipejamkan, mendengarkan gending dan lagu Prahu Layar yang dimainkan di rumah Tri Handono PhD benar-benar membuat seseorang tak seperti berada di Amerika. Notasinya pas, gendangannya mantap, dan ritmenya tertata apik. Padahal, pemainnya masih sangat belia.

"Ayo, yang dari Jogja ikut nembang," ajak Tri kepada rombongan siswa Outstanding Students for The World (OSTW) Kementerian Luar Negeri yang bertamu ke rumahnya.

Kediaman Tri terdiri atas dua lantai, terletak di kawasan yang cukup elite di Monroeville, 20 menit perjalanan ke sebelah utara dari pusat Kota Pittsburgh, Negara Bagian Pennsylvania.

Bekerja di negara orang tak membuat Tri Handono PhD lupa dengan tanah air dan budaya leluhur. Pria dari Surakarta itu merintis seni musik gamelan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close