Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Trik Hemat Data Internet Ketika Menikmati Streaming Musik

Rabu, 21 November 2018 – 19:12 WIB
Trik Hemat Data Internet Ketika Menikmati Streaming Musik - JPNN.COM
Ilustrasi musik streaming. Foto: pixabay/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Efisien dan beragam pilihan menjadi alasan kaum milenial mendengarkan musik melalui streaming dewasa ini. Namun, kadang paket internet masih menjadi tantangan tersendiri.

Sejatinya, musik streaming tidak seperti video streaming, layanan musik streaming tidak memiliki patokan tetap dalam penggunaan paket data untuk mengaktifkan audio.

Kebutuhan data yang digunakan untuk musik streaming akan bergantung dari jenis layanan yang dipilih, durasi penggunaan dan pemilihan kualitas suara.

Atas dasar itu, Deezer - sebuah aplikasi musik streaming menawarakan keuntungan tersendiri di platformnya melalui tiga paket layanan dengan bitrate yang berbeda-beda.

Pengguna Deezer bisa mengatur penghematan paket data mereka dengan memilih paket layanan sesuai kebutuhan. Mulai dari Deezer HiFi (high quality) berkecepatan 1.411 kbit/s dengan kualitas suara tertinggi 16-bit Free Lossless Audio Codec (FLAC) yang mana digital bitrate-nya memiliki kualitas lima kali lebih tinggi dari kualitas standar MP3 atau setara dengan piringan hitam.

Kemudian Deezer Premium (Standard) dengan kecepatan 320 kbit/s atau sekitar 3 MB hingga 4 MB per lagu. Terakir Deezer Free (Basic) 128kbit/s atau sekitar 3.5 MB hingga 5 MB per lagu.

Saat memilih Deezer HiFi dengan kecepatan 1.411 kbit/s, artinya sama dengan menggunakan 5.0796 GB per jam dengan taksiran 1,5 jam per gigabyte untuk streaming.

Deezer Premium, berkecepatan 320 kbit/s sama artinya dengan 1.152 GB per jam untuk dapat dinikmati selama tujuh jam, sementara Deezer Free berkecepatan 128 kbit/s, berarti sebanding dengan 0.4606 GB per jam yang dapat dinikmati hingga 17 jam.

Efisien dan beragam pilihan menjadi alasan kaum milenial mendengarkan musik melalui streaming dewasa ini. Namun, kadang paket internet masih saja jadi kendala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close