Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Trubus Merespons Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Lawan Pandemi Covid-19, Simak

Selasa, 02 November 2021 – 13:18 WIB
Trubus Merespons Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Lawan Pandemi Covid-19, Simak - JPNN.COM
Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai kolaborasi pemerintah dan swasta yang bahu-membahu dalam rangka melawan pandemi Covid-19 merupakan langkah taktis-strategis.

Sebab itu, upaya bersama itu perlu terus didukung dan berharap terus ditingkatkan.

Poin kunci dalam penanganan Covid-19 adalah dengan melakukan testing massif, tracing kontak erat, dan treatment bagi yang terkonfirmasi positif. Pada posisi tersebut keterlibatan swasta diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Trubus, keterlibatan swasta dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, baik vaksinasi atau penyediaan perangkat tes dan berbagai perlengkapan medis perlu mendapat dukungan untuk segera memutus mata rantai Covid-19.

“Cuma di dalam implementasinya perlu ada pengawasan juga, karena publik ini kan cerdas, kita harus memahami dinamika publik pada umumnya menginginkan percepatan vaksinasi ini, apa yang dilakukan patut kita dukung,” kata Trubus, Selasa (2/11/2021).

Trubus menambahkan sepanjang swasta atau perusahaan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat itu tidak ada masalah. Yang perlu diperhatikan adalah kinerja dari kelembagaannya seberapa besar memberikan dampak terhadap percepatan penanganan Covid-19.

“Jadi, konteksnya sepanjang kita melihat itu positif dalam arti memang untuk mempercepat penanganan Covid, vaksinasi itu ya masyarakat memberikan dukungan,” bebernya.

Lanjut Trubus, seperti halnya pelaksanaan Vaksinasi di berbagai daerah masih tergolong rendah, untuk mengantisipasi datangnya gelombang ketiga Covid-19, maka perlu dilakukan upaya percepatan vaksinasi.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai kolaborasi pemerintah dan swasta yang bahu-membahu dalam rangka melawan pandemi Covid-19 merupakan langkah taktis-strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close