Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tuntut Tunjangan Profesi Guru Segera Dicairkan

Senin, 23 Agustus 2010 – 04:04 WIB
Tuntut Tunjangan Profesi Guru Segera Dicairkan - JPNN.COM
JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ragu akan janji Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) untuk mencairkan tunjangan profesi guru (TPG) sebelum hari raya Idhul Fitri. Pada Kamis (19/8) lalu PGRI mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan (kemenkeu) yang juga ditembuskan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 

Ketua Umum PGRI, Sulistiyo, mengatakan, kekecewaan PGRI juga dikarenakan banyaknya permasalahan TPG di daerah tidak sesuai dengan janji pemerintah pusat. Dia mencontohkan, rapelan TPG yang seharusnya dirapel selama enam bulan hanya diberikan rapel selama lima bulan saja. "Ini terjadi di Lombok, NTT dan Banjar Negara Jawa Tengah (jateng)," tegasnya.

 

Permasalahan itu, menurut Sulistiyo, juga perlu ditindaklanjuti oleh kemenkeu sebagai pemegang kebijakan untuk mengeluarkan anggaran TPG. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jateng itu memutuskan melayangkan surat kepada Kemenkeu, Menpan, dan Reformasi Birokrasi.

 

Ketua Komite III DPD itu menjelaskan, isi surat tersebut berkaitan dengan keterlambatan TPG dan dana tambahan penghasilan bagi guru PNS yang belum menerima TPG. Sesuai dengan Permenkeu Nomor 117 dan 119 tahun 2010 TPG diberikan sebesar satu kali gaji pokok bagi guru yang sudah mengantongi sertifikasi. Terhitung pada Januari hingga Juni seharusnya TPG dibayar pada Juli lalu. "Tapi sampai Agustus banyak daerah yang belum mendapat haknya," tandas Sulistiyo.

 

JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ragu akan janji Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) untuk mencairkan tunjangan profesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA