Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Usir Dubes Israel

Terkait Laporan PBB soal Insiden Mavi Marmara

Sabtu, 03 September 2011 – 09:39 WIB
Turki Usir Dubes Israel - JPNN.COM
ANKARA - Hubungan Turki dan Israel berada di titik nadir. Pemerintah Turki kemarin (2/9) mengusir Duta Besar (Dubes) Israel Gabby Levy dari Kota Ankara. Tidak hanya itu, Turki menurunkan tingkat hubungan diplomatiknya dengan pemerintah Israel pula.

"Mulai saat ini, hubungan kedua negara hanya sampai pada tingkat sekretariat kedua. Dubes dan seluruh diplomat tingkat tinggi (Israel) harus meninggalkan ibu kota Ankara sebelum Rabu depan (7/9)," tegas Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Ahmet Davutoglu dalam keterangan persnya kemarin.

Keputusan itu diambil menyusul hasil investigasi PBB yang menyatakan bahwa aksi militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF) terhadap misi kemanusiaan pro-Palestina lewat kapal MV Mavi Marmara di Jalur Gaza pada 31 Mei 2010 lalu terlalu berlebihan. PBB menganggap tindakan militer Israel tersebut tidak layak.

Menyikapi laporan PBB itu, Turki mengusir Dubes Gabby Levy dari Kota Ankara. Selain itu, pemerintahan Perdana Menteri (PM) Recep Tayyip Erdogan memutuskan hubungan militer dengan Israel pula.

ANKARA - Hubungan Turki dan Israel berada di titik nadir. Pemerintah Turki kemarin (2/9) mengusir Duta Besar (Dubes) Israel Gabby Levy dari Kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA