Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UGM dan ITB Kena Tegur Mendiknas

Dianggap Terlalu Dini Gelar Seleksi Mahasiswa Mandiri

Rabu, 12 Januari 2011 – 00:22 WIB
UGM dan ITB Kena Tegur Mendiknas - JPNN.COM
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah menegur Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas, Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu ditegur karena terlalu dini membuka seleksi peneriman mahasiswa melalui jalur mandiri.

Menurut Djoko, PTN diperbolehkan membuka ujian seleksi jalur mandiri jika pemerintah sudah menggelar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang rencananya digelar pada 1 – 2 Juni 2011 mendatang. “Ujian seleksi mandiri harus disesuaikan dengan peraturan. Jika ingin melakukan seleksi jalur mandiri harus setelah SNMPTN selesai dan tidak perlu menunggu pengumuman hasil,” ungkap Djoko di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (11/1).

Lebih lanjut Djoko menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah, pada pasal 6 disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dilaksanakan setelah penerimaan mahasiswa baru secara nasional. “Jadi rektor harus tunduk dengan aturan yang sudah ada. Setelah itu kalau mau melaksanakan ujian mandiri tidak apa-apa,” katanya.

Karenanya Djoko mengingatkan PTN yang sudah terlanjur mengumumkan ujian mandiri, agar segera merevisi pengumuman tersebut. Dengan demikian, harapnya, tidak terjadi kesimpangsiuran di masyarakat.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah menegur Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Direktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close