Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ujang Sebut 2 Penyebab Anies Gagal Maju Pilkada, Singgung Soal Mulyono

Jumat, 30 Agustus 2024 – 23:41 WIB
Ujang Sebut 2 Penyebab Anies Gagal Maju Pilkada, Singgung Soal Mulyono - JPNN.COM
Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menyebut kegagalan Anies Baswedan menjadi kontestan pada pilkada 2024 bisa disebabkan faktor internal di PDI Perjuangan atau eksternal parpol berkelir merah itu.

"Banyak faktor terkait gagalnya Anies, ya, ada internal dan eksternal," kata Ujang kepada awak media, Jumat (30/8).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar itu melanjutkan dari sisi internal PDI Perjuangan tentu ingin mengusung kader pada pilkada serentak 2024.

Terlebih lagi, kata Ujang, PDI Perjuangan sudah membuat kaderisasi secara kelembagaan untuk mengusung sosok terbaik di partai.

"Itu lumrah saja dilakukan partai termasuk PDI Perjuangan," kata dia.

Namun, Ujang tidak memungkiri faktor kegagalan Anies maju pada pilkada 2024 dipengaruhi intervensi sosok Mulyono seperti disebut politikus PDI Perjuangan Ono Surono.

"Hanya pak Ono Surono yang tahu siapa itu Mulyono, meski publik sudah tahu Mulyono mengarah ke mana, ya. Bisa jadi ada tekanan, ada Intimidasi, atau intervensi sehingga Anies tidak bisa menjadi calon," kata pria kelahiran Jawa Barat itu.

Ujang mengatakan imbas negatif bisa terasa ke Anies ketika tidak maju pada pilkada 2024, utamanya upaya eks Mendikbud RI ikut kontestasi Pilpres RI pada 2029.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review menyebut kegagalan Anies Baswedan menjadi kontestan pada pilkada 2024 bisa disebabkan faktor-faktor ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA