Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ukraina Tutup Semua Pipa Gas

Kamis, 08 Januari 2009 – 05:45 WIB
Ukraina Tutup Semua Pipa Gas - JPNN.COM
MOSKOW - Konflik gas antara Rusia dan Ukraina semakin meruncing. Kedua negara saling membela diri dan saling tuduh kemarin (7/1). Mereka masing-masing tidak mau disalahkan atas meluasnya krisis gas yang melanda sebagian besar Eropa, terutama negara-negara anggota Uni Eropa (UE).

Perundingan yang dihadiri pimpinan perusahaan gas masing-masing negara, Gazprom dan Naftogaz, juga masih buntu. "Suplai gas ke Eropa dan Turki berkurang sampai lebih dari 50 persen. Ini karena Ukraina menutup seluruh pipa-pipa ekspornya," ujar Deputi Chief Executive Gazprom, Alexander Medvedev, seperti dilansir Reuters kemarin (7/1). Namun, aliran lewat pipa alternatif lain mulai meningkat.

Menurut Medvedev, volume aliran gas dari Gazprom biasanya berkisar 430 juta meter kubik. Tapi, karena krisis yang masih terus berlangsung, suplai tersebut turun pada kisaran 200 juta meter kubik saja. "Kami tidak bisa mengirimkan gas lewat Ukraina. Kiev menuding kami menghentikan aliran gas karena perselisihan harga. Tapi, kami tidak punya kapasitas fisik untuk menutup seluruh pipa yang ada dan mematikan kompresor," ujarnya.

Namun, seluruh tudingan Rusia itu kembali dimentahkan Ukraina. Mereka bersikeras bahwa biang krisis gas tersebut adalah Rusia. Mulai 1 Januari, Rusia berhenti mengirimkan gas Eropa via pipa-pipa Ukraina. Itu setelah mereka gagal mencapai kesepakatan soal harga. Selain itu, Ukraina dilaporkan sering telat membayar kiriman gas tersebut.

MOSKOW - Konflik gas antara Rusia dan Ukraina semakin meruncing. Kedua negara saling membela diri dan saling tuduh kemarin (7/1). Mereka masing-masing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA