Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ulama dan Kiai Yakin Ganjar-Mahfud Bisa Berdayakan Ponpes di Daerah Pelosok

Sabtu, 18 November 2023 – 05:41 WIB
Ulama dan Kiai Yakin Ganjar-Mahfud Bisa Berdayakan Ponpes di Daerah Pelosok - JPNN.COM
Sejumlah ulama dan kiai dari Garut memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, GARUT - Sejumlah ulama dan kiai pimpinan pondok pesantren (ponpes) di Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) sepakat mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024.

Kesepakatan dari para ulama yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia itu, diambil usai mengikuti kegiatan halaqah kebangsaan di Ponpes Al-Kamilah di Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.

Mereka pun menaruh harapan pada Ganjar-Mahfud untuk bisa memimpin Indonesia dan melakukan pemberdayaan pada pondok-pondok pesantren di pelosok daerah.

Harapan tersebut disampaikan salah satu peserta halaqah, KH Uus Koswara yang juga merupakan pimpinan Ponpes Darut Taqwa di Garut.

"Kami ingin Pak Ganjar dan Pak Mahfud bukan hanya melirik, tetapi melihat keberadaan pesantren-pesantren di pelosok yang sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah. Sehingga keberadaan pesantren insyaallah menjadikan wasilah majunya suatu bangsa dan negara," ujar Uus dalam siaran persnya, Jumat (17/11).

Dia menilai bahwa Ganjar-Mahfud adalah figur agamis dan nasionalis yang cerdas serta berintelektual tinggi. Terlebih KH Uus juga menyebut bahwa keduanya berada di usia yang pas untuk menjadi presiden dan wakil presiden.

"Oleh karena itu, kami sepakat dengan para kiai di di halaqoh ini sekaligus mengajak jamaah semua pada pemilihan pilpres nanti untuk menyalurkan aspirasi dukungan kita kepada pasangan nomor tiga, yaitu Pak Ganjar dan Pak Mahfud," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan pengasuh Ponpes Al-Kamilah, Aceng Ahmad Jalaludin yang menilai bahwa pihaknya memilih mendukung Ganjar-Mahfud karena kedekatannya dengan masyarakat. Ganjar, disebutnya tidak pernah memberikan sekat dengan masyarakat.

Sejumlah ulama dan kiai menyatakan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close