Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ular Kobra Besar Masuk Kamar Tidur Kejutkan Keluarga Fitri

Senin, 23 Desember 2019 – 22:33 WIB
Ular Kobra Besar Masuk Kamar Tidur Kejutkan Keluarga Fitri - JPNN.COM
Petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kotim menangkap ular besar yang masuk rumah warga di Perumahan Arjuno 1 Jalan Tjilik Riwut, Senin (23/12/2019). Foto: ANTARA/HO-Dinas Damkar dan Penyelamatan Kotim

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Kemunculan seekor ular kobra besar di kamar tidur mengejutkan keluarga Fitri, warga Perumahan Arjuno 1 Jalan Tjilik Riwut Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

"Begitu mendapat laporan, anggota kami langsung ke lokasi membawa peralatan untuk menangkap dan mengevaluasi ular tersebut. Itu memang ular kobra, muncul di kamar tidur," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur Rihel di Sampit, Senin.

Rihel menyebutkan, pemilik rumah kaget ketika mengetahui ada ular yang memiliki bisa mematikan itu di kamar tidur mereka. Untungnya ular tersebut tidak sempat menyerang sang pemilik rumah.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur berupaya menangkap ular kobra menggunakan tongkat penjepit penangkap ular. Ular sepanjang 1,5 meter itu sempat bersembunyi di bawah kasur.

"Ular berhasil ditangkap dan dievakuasi. Tidak sempat menyerang. Mungkin ularnya mengejar tikus yang masuk ke dalam rumah itu," kata Rihel.

Komandan Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah Pos Sampit Muriansyah mengatakan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ular masuk ke permukiman penduduk.

"Salah satunya karena musim hujan. Saat musim hujan, sarangnya basah. Ular tidak suka hal tersebut, makanya sering muncul ke permukaan tanah. Selain itu karena ular mencari makan. Memang faktor utamanya karena berkurangnya habitat serta berkurangnya predator alami ular seperti elang, biawak, burung hantu dan lainnya," jelas Muriansyah.

Untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah atau pekarangan, masyarakat diimbau membersihkan rumah dan lingkungan dari tumpukan-tumpukan barang. Tutup lubang-lubang tikus, tetapi akan lebih baik jika lubang ditelusuri lalu ditutup dari hulunya karena tikus suka membuat lubang yang bercabang banyak.

loading...