Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ulasan Menarik Pengamat soal Manuver Surya Paloh, Oh Ternyata

Kamis, 25 Juli 2019 – 16:50 WIB
Ulasan Menarik Pengamat soal Manuver Surya Paloh, Oh Ternyata - JPNN.COM
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Negara. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dedi Kurnia menilai manuver Ketum Partai NasDem Surya Paloh akhir-akhir ini bentuk perlawanan terhadap dominasi PDI Perjuangan.

Menurut Dedi, Ketua Umum NasDem Surya Paloh ingin menunjukkan kepada PDIP bahwa dia punya kekuatan politik yang setara dengan partai banteng mulut putih itu di koalisi pendukung Jokowi - Ma'ruf Amin.

"NasDem itu tidak punya wewenang berlebih di Jokowi. Karena secara struktur, Jokowi adalah kader PDIP. Tetapi dalam hitung-hitungan di parlemen, NasDem menginginkan dominasi mereka itu lebih kuat dan dianggap setara dengan PDIP. Maka itu kemudian terjadi diskusi-diskusi dengan mitra koalisi, tentu, selain PDIP," kata Dedi kepada JPNN.com, Kamis (25/7).

Dedi juga melihat Gerindra ingin masuk dalam barisan koalisi Jokowi - Ma'ruf, asal partai besutan Prabowo Subianto itu diberikan kursi Ketua MPR RI.

BACA JUGA: PA 212 Langsung Memuji Surya Paloh, Begini Kalimatnya

Nah, hal ini yang menjadi pertentangan dari Surya Paloh sehingga akhirnya bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, dan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, beberapa hari lalu.

"Sebetulnya yang mereka halangi ini. Jangan sampai kemudian porsi-porsi yang seharusnya diberikan kepada mitra koalisinya Jokowi dikurangi karena adanya anggota baru Gerindra," kata Dedi.

Peneliti Politik Universitas Telkom Bandung ini menyebutkan Jokowi sebenarnya ingin Prabowo mendukung pemerintahannya. Pasalnya, kekuatan Gerindra lebih kuat di parlemen dibanding Demokrat dan PAN yang lebih dulu sudah memberi sinyal ingin bergabung dengan Jokowi.

Pengamat politik Dedi Kurnia, Ketum Partai NasDem Surya Paloh bermanuver dalam rangka berupaya menyaingi dominasi PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close