Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ultah Jakarta, Kiprah 'Gubernur Maksiat' Membangun DKI dengan Duit Judi

Kamis, 22 Juni 2023 – 20:40 WIB
Ultah Jakarta, Kiprah 'Gubernur Maksiat' Membangun DKI dengan Duit Judi - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta 1966-1977 Ali Sadikin. Foto: reproduksi dari foto karya Desmaizal Zainal untuk sampul buku Pers Bertanya Bang Ali Menjawab

jpnn.com - Gubernur DKI Jakarta 1966-1977 Ali Sadikin selalu dikenang sebagai sosok yang membawa kemajuan luar biasa bagi ibu kota RI.

Kemajuan yang dicapai Jakarta pada usianya yang ke-496, Kamis (22/6), tidak terlepas dari tokoh yang dikenal dengan panggilan Bang Ali itu.

Mantan tentara itu dipercaya memimpin Jakarta mulai era Presiden Soekarno hingga pemerintahan Presiden Soeharto.

Saat Bang Ali mulai memimpin Jakarta pada 1966, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI hanya Rp 66 juta.

“Rp 44 juta subsidi pemerintah pusat dan Rp 22 juta dari pendapatan sendiri,” ujarnya kepada Andy F Noya, Muchlis Dj. Tolomundu, Usamah Hisyam, dan Desmaizal Zainal dari MATRA menjelang akhir 1990.

Dalam wawancara untuk majalah edisi Desember 1990 itu didedahkan tentang cara tokoh kelahiran Sumedang, 7 Juli 1926, tersebut mencari dana haram demi membangun Jakarta.

Bang Ali melegalkan perjudian, mendirikan lokalisasi Kramat Tunggak, dan mengizinkan pembukaan kelab malam maupun tempat-tempat sauna atau steam bath.

Kontan saja Bang Ali menjadi sasaran kritik dari berbagai kalangan. “Bahkan saya dituduh gubernur judi, gubernur maksiat,” ujarnya.

Bang Ali semasa menjadi gubernur DKI melegalkan perjudian, mendirikan lokalisasi Kramat Tunggak, dan mengizinkan kelab malam serta tempat-tempat sauna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close