Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Umat Kristiani Diimbau jadi Pembawa Damai

Kamis, 24 Desember 2009 – 19:51 WIB
Umat Kristiani Diimbau jadi Pembawa Damai - JPNN.COM
JAKARTA—Jumat (25/12) esok, umat Kristiani di seluruh penjuru dunia serentak merayakan Natal. Demikian halnya di Indonesia, perayaan itu begitu terasa. Sejak kamis (24/12) sore, para umat Kristiani  mengawali rangkaian perayaan kelahiran Yesus Kristus itu tersebut dengan Ibadat Sore. Tahun ini, tema kedamaian menjadi isu sentral yang dijadikan tema perayaan hari besar itu.

Di Jakarta, minsalnya misa pertama Ibadat Sore umat Katolik yang dipusatkan di Gereja Kathedral, mengambil tema Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai. Tema ini sekaligus menjadi tema menyeluruh untuk perayaan natal tahun ini di Indonesia.

Ini dimaksudkan sebagai simbolisasi agar keberadaan umat nasrani di tengah masyarakat Indonesia dapat menjadi lilin terang pembawa kedamaian. Menjadi jembatan pemersatu, dan pengerat hubungan sesama manusia. Ini sebagaimana dikatakan Romo Baratakartana dalam khotbah misa pertama yang dipimpinnya di Gereja Kathedral, Jakarta sore tadi. ''Agar umat Katolik menciptakan dan membawa dama dimana saja,'' ujarnya kepada jemaat yang hadir.

Sementara itu, perayaan ibadat Natal hingga malam ini berjalan damai. Di Kathedral misalnya, misa berjalan penuh hikmat bersamaan dengan ibadah shalat Maghrib dan Isya yang dilangsungkan umat Muslim di Masjid Istiqlal, yang tepat berada di depannya. Alunan adzan dan zikir terdengar bersahutan dengan kidung suci yang dilantunkan umat Nasrani di gereja tua itu.

JAKARTA—Jumat (25/12) esok, umat Kristiani di seluruh penjuru dunia serentak merayakan Natal. Demikian halnya di Indonesia, perayaan itu begitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA