Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UMKM Mak-mak For Sandi Uno Gelar Pelatihan Membuat Makanan Olahan dari Daun Kelor di Bali

Kamis, 09 Februari 2023 – 03:33 WIB
UMKM Mak-mak For Sandi Uno Gelar Pelatihan Membuat Makanan Olahan dari Daun Kelor di Bali - JPNN.COM
UMKM Mak-mak For Sandi Uno berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) menggelar pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor bagi masyarakat Bali. Foto dok Mak-mak for Sandi

jpnn.com, BALI - UMKM Mak-mak For Sandi Uno berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) menggelar pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor bagi masyarakat Bali.

Ketua UMKM Mak-mak For Sandi Uno Bali, Yandriani mengatakan pelatihan tersebut merupakan inovasi baru dalam menangkap peluang market yang ada.

Dengan adanya proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi bisa mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru tercipta di 2024.

"Kami mengadakan pelatihan pembuatan olahan makanan yang berbahan dasar daun kelor, yakni ada dua makanan yang dipraktekkan laklak dan cendol. Laklak makanan tradisional Bali biasanya pewarna serta rasanya dari pandan tapi kali ini daun kelor," kata Yandriani di Wistara Family Cafe, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, Rabu (8/2).

"Kelor di Bali sangat banyak, mudah-mudahan akan banyak produk yang berbahan dasar kelor untuk membuka peluang usaha baru, ini merupakan target Pak Sandi pada 4,4 lapangan kerja tercipta di 2024," sambungnya.

Program ini nantinya akan berkelanjutan hingga tahap pelatihan digital marketing.

Menurutnya, semakin sering dilakukan pelatihan-pelatihan maka peluang usaha baru akan segera tercipta.

"Kegiatan ini akan terus diadakan pendampingan kedepannya, yaitu digital marketing agar UMKM bisa memasarkan produknya secara luas. Mereka ingin naik kelas dengan menambah ilmunya dan yang belum buka usaha dapat termotivasi dengan adanya pelatihan tersebut," tegas Yandriani.

UMKM Mak-mak For Sandi Uno menggelar pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor bagi masyarakat Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close