Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ungkap Borok Militer Rusia, Jurnalis Investigasi Diburu Rezim Putin

Selasa, 07 Juni 2022 – 17:19 WIB
Ungkap Borok Militer Rusia, Jurnalis Investigasi Diburu Rezim Putin - JPNN.COM
Tentara Rusia berbaris di Lapangan Merah, Moscow, pada Mei 2021 lalu. Foto: KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP

jpnn.com, MOSKOW - Jurnalis investigasi Andrei Soldatov pada Senin (6/6) mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia telah menempatkannya dalam daftar buronan dan membekukan rekening banknya.

Soldatov adalah jurnalis yang dikenal karena liputannya tentang badan-badan keamanan Rusia.

Soldatov, yang ikut mendirikan situs Agentura.ru, menulis di Twitter, "Senin saya: rekening saya di bank-bank Rusia ditahan, ditambah saya ditempatkan di daftar buronan Rusia."

Situs Kementerian Dalam Negeri mencantumkan Soldatov, yang tidak dapat dihubungi melalui telepon, sebagai buronan berdasarkan pasal undang-undang hukum pidana yang tidak ditentukan.

Dalam posting terpisah di platform pesan Telegram, Soldatov menulis bahwa kasus yang dikenakan terhadapnya telah diajukan dengan cara yang mirip dengan dua jurnalis yang dituduh menyebarkan "informasi palsu" tentang operasi militer Moskow di Ukraina.

"Kami mengklarifikasi detailnya," tulis Soldatov.

Beberapa hari setelah mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari, Pemerintah Rusia mengeluarkan undang-undang yang memberikan hukuman penjara hingga 15 tahun bagi mereka yang sengaja menyebarkan berita "palsu" tentang militer Rusia.

Perang di Ukraina telah menewaskan ribuan orang, meratakan kota-kota dan membuat 14 juta orang mengungsi. (ant/dil/jpnn)

Soldatov, jurnalis yang dikenal karena liputannya tentang badan-badan keamanan Rusia, kini resmi jadi buronan rezim Putin

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close