Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Unik, Ribuan Warga Thailand Lari Pagi demi Menggulingkan Pemerintah

Minggu, 12 Januari 2020 – 23:51 WIB
Unik, Ribuan Warga Thailand Lari Pagi demi Menggulingkan Pemerintah - JPNN.COM
Ribuan warga Thailand mengikuti kegiatan lagi pagi di Bangkok dalam rangka memprotes pemerintah. Foto: Reuters

jpnn.com, BANGKOK - Ribuan warga Thailand mengikuti kegiatan lari pagi di Bangkok, Minggu (12/1). Uniknya, kegiatan ini bertujuan untuk memprotes pemerintahan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha di Bangkok, Minggu (12/1).

Kegiatan itu bertajuk "Wing Lai Loong" yang berarti "Lari untuk Mengusir Paman", merujuk pada Prayuth yang mendapat nama julukan "Paman Tu".

Pihak kepolisian memperkirakan sekitar 12.745 pelari serta pendukung aksi telah berkumpul di sebuah taman di Bangkok sebelum matahari terbit. Mereka mengenakan pakaian dan sepatu beragam warna.

Sebagian peserta lari itu meneriakkan slogan seperti "Turun, Prayuth!" atau "Panjang umur demokrasi!" selagi berlari sepanjang 2,6 kilometer di tengah pengawasan dari pihak pengamanan.

Sebagian lainnya juga mengacungkan salam tiga jari sebagai tanda perlawanan terhadap pemerintah. "Saya ingin banyak hal menjadi lebih baik. Saya ingin Prayuth mundur," kata seorang warga Bangkok, Waraporn Waralak, usai mencapai mencapai garis finish.

Pemerintahan Thailand di bawah Prayuth terpilih dalam pemilu pada Maret 2019, yang disebut pihak oposisi telah dimanipulasi untuk memenangkan partai pro-militer pengusungnya.

"Ini adalah penggalangan massa terbesar setelah kudeta," ujar Dekan Fakultas Sosiologi dan Antropologi Universitas Thammasat Bangkok, yang menambahkan bahwa kegiatan lari itu mendorong partisipasi lebih besar daripada biasanya.

Kegiatan lari itu menyusul aksi unjuk rasa pada Desember 2019 yang diselenggarakan oleh Thanathorn Juangroongruangkit, pemimpin oposisi dari Partai Masa Depan yang kemudian ditahan pada Jumat (10/1) atas pelanggaran aksi demonstrasi tersebut.

Ribuan warga Thailand mengikuti kegiatan lari pagi di Bangkok, Minggu (12/1). Uniknya, kegiatan olah raga ini merupakan unjuk rasa terhadap pemerintahan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close