Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Universitas Islam Siber Kebanjiran Peminat, Kemenag Perbanyak Prodi Mulai TA 2024

Jumat, 22 Desember 2023 – 05:50 WIB
Universitas Islam Siber Kebanjiran Peminat, Kemenag Perbanyak Prodi Mulai TA 2024 - JPNN.COM
Universitas Islam Siber atau Islamic Cyber University di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat. Foto: Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama Kemenag berencana menambah program studi (prodi) di Universitas Islam Siber atau Cyber Islamic University pada tahun akademik (TA) 2024.

Program prioritas yang digulirkan Kemenag pada 2021 itu merupakan kampus daring dengan perkuliahan virtual.

Menag Yaqut Qholil Qoumas menunjuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai penyelenggara Cyber Islamic University. Nama  kampus daring itu ialah Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Semula Cyber Islamic University hanya memiliki Prodi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati. Namun, pada 2024, UISSI akan memiliki beberapa prodi baru.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan dukungan sarana dan prasarana kampus siber itu telah terpenuhi 100 persen.

“Tahun Akademik 2024/2025 pembelajaran jarak jauh tidak hanya untuk Prodi PAI saja, tetapi program sarjana dan magister juga sudah dapat diselenggarakan,” kata Ali di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Beberapa prodi anyar di UISSI ialah S1 dan S2 PAI, S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan S1 Aqidah Filsafat Islam (AFI).

Selain itu, ada pula prodi tambahan S1 Hukum Keluarga Islam (HKI), S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (T. IPS), S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan S1 Sejarah dan Peradaban Islam (SPI).

Kemenag berencana menambah program studi atau prodi di Universitas Islam Siber atau Cyber Islamic University pada tahun akademik (TA) 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close