Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Untuk Menghindari Spekulasi

Jumat, 20 Februari 2009 – 18:39 WIB
Untuk Menghindari Spekulasi - JPNN.COM
JAKARTA-Dengan adanya ketentuan baru mengenai impor besi dan baja, Dirjen Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka (ILMTA) Departemen Perindustrian (Depperin) RI, Anshari Bukhari, Jumat(20/2), mengatakan bahwa realisasi impor besi dan baja serta barang dari besi dan baja pada tahun 2008 mengalami peningkatan yang cukup tajam.

"Pada tahun 2007, realisasinya hanya mencapai US $ 4,1 miliar dengan volume 6 juta ton, namun pada tahun 2008 mampu melonjak hingga lebih kurang 120 persen yakni sebanyak US $ 10 miliar dengan volume 10 juta ton," papar dia usai konferensi pers di Depdag.

Ia menjelaskan, kenaikan angka realisasi impor tersebut, tentunya juga disebabkan ketatnya peraturan dan ketentuan yang diberlakukan pemerintah terhadap kegiatan impor khususnya untuk besi dan baja.

"Maka dari itu, dengan adanya ketentuan yang baru dari pemerintah mengenai impor besi dan baja, dan juga 2000 importir yang terdaftar di Depdag dan Depperin, kami mengharapkan agar tidak adanya lagi spekulasi dan penyalahgunaan Nomor Pos Tarif/HS dalam kegiatan impor di Indonesia. Kami juga akan melakukan evaluasi bersama Degdag 3 bulan sekali sejak ketentuan baru ini berlaku," paparnya yang tidak dapat menyebutkan angka kerugian bagi negara akibat praktek penyalahgunaan nomor HS hingga saat ini. "Saya belum dapat angka pastinya," lanjutnya. (cha/jpnn).

JAKARTA-Dengan adanya ketentuan baru mengenai impor besi dan baja, Dirjen Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka (ILMTA) Departemen Perindustrian

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close