Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Usai Perintahkan Pembantaian, Presiden Kazakhstan Berterima Kasih kepada Erdogan

Sabtu, 08 Januari 2022 – 14:19 WIB
Usai Perintahkan Pembantaian, Presiden Kazakhstan Berterima Kasih kepada Erdogan - JPNN.COM
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev menyampaikan pernyataan melalui televisi di Nur-Sultan, Kazakhstan, Jumat (7/1/2022), menyusul rangkaian aksi protes yang dipicu kenaikan bahan bakar. Foto: ANTARA/Official website of the President of Kazakhstan/Handout via REUTERS/tm

jpnn.com, NUR-SULTAN - Sejumlah negara ikut membantu pemerintah Kazakhstan menghantam aksi massa yang telah menyebabkan negara tersebut berada dalam status darurat sejak Rabu (5/1) lalu.

Hal itu terungkap dari pidato Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi setempat, Jumat (7/1).

Setelah mengumumkan perintah tembak mati terhadap para perusuh yang disebutnya sebagai teroris antek asing, Tokayev mengucapkan terima kasih kepada negara sahabat yang telah memberikan bantuan.

Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan adalah beberapa yang dia sebut secara langsung.

"Kami harus berhadapan dengan bandit bersenjata yang mempunyai persiapan matang, baik lokal maupun asing. Lebih tepatnya, dengan teroris. Jadi kami harus menghancurkan mereka, ini akan segera berakhir," ujar presiden ke-2 Republik Kazakhstan itu.

Tokayev mengungkapkan bahwa Rusia bukan satu-satunya sahabat yang sudah mengirim tentara ke Kazakhstan.

Menurut mantan diplomat Uni Soviet yang pernah berdinas di Singapura dan China itu, pasukan penjaga perdamaian dari beberapa negara lain juga telah tiba.

Tokayev pun menegaskan keterlibatan tentara asing dalam konflik ini adalah atas permintaannya dan kehadiran mereka hanya bersifat sementara.

Presiden Kazakhstan berterima kasih kepada tiga sahabatnya, Erdogan, Putin dan Xi Jinping

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close