Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Usai Tinjau Waduk Pluit, Jokowi Bahas Persiapan Pindah Ibu Kota Negara

Jumat, 03 Januari 2020 – 17:29 WIB
Usai Tinjau Waduk Pluit, Jokowi Bahas Persiapan Pindah Ibu Kota Negara - JPNN.COM
Presiden Jokowi (kanan). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tim Nagara Rimba Nusa, pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (3/1). Mereka diterima Jokowi yang pagi tadi melakukan peninjauan dadakan ke Waduk Pulit, Jakarta Utara.

Pada kesempatan itu, tim pemenang sayembara diterima oleh Jokowi, didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga.

"Yang pertama kita dalam rangka persiapkan ibu kota negara. Presiden tentu ingin monitor sejauh ini perkembangannya seperti apa," ungkap Suharso usai pertemuan tertutup dengan presiden.

Tak banyak informasi penting yang dibeberkan Suharso soal pertemuan tersebut. Dia hanya menyebutkan bahwa tahapan pembangunan dan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur harus dipersiapkan secara disiplin dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Dan keputusan-keputusan strategisnya juga tentu bisa dipertanggungjawabkan. Yang lain belum bisa saya share," ucap Suharso.

Plt Ketum PPP ini menambahkan, pemenang sayembara yakni Sibarani Sofian dan tim akan dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan ketika rencana besar ini diaplikasikan di lapangan.

Saat ini, katanya, tahapan yang sudah selesai antara lain penyiapan pra master plan dan sayembara urban desainnya. Berikutnya adalah penyiapan master plan selambat-lambatnya enam bulan ke depan.

"Baru di atas master plan itu adalah urban desain yang dimenangkan oleh Pak Sibarani dan kawan-kawan diletakkan. Kami akan cari di mana titik nol-nya," tandas Suharso. (fat/jpnn)

Presiden Jokowi membahas persiapan pemindahan ibu kota negara bersama tim Nagara Rimba Nusa, pemenang sayembara desain ibu kota negara.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close