Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Uskup Agung Jakarta: Jangan Peralat Agama untuk Politik

Selasa, 25 Desember 2018 – 15:45 WIB
Uskup Agung Jakarta: Jangan Peralat Agama untuk Politik - JPNN.COM
Mgr. Ignatius Suharyo selaku Uskup Militer Indonesia didampingi Mgr. Dos Santos (Uskup Militer Italia) memimpin Misa Syukur umat Katolik di lingkungan TNI-Polri di Gereja Katedral, Senin (20/8). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Sunaryo menyinggung soal kondisi politik negeri dalam konferensi pers di Gereja Katedral, Selasa (25/12). Dia berharap pesta demokrasi yang tinggal beberapa bulan lagi berjalan dengan khidmat.

Ignatius pun mengingatkan bahwa instrumen agama tidak boleh dijadikan alat dalam pertarungan politik. "Agama diperalat untuk kepentingan politik, itu kan tidak bagus ya," kata Ignatius.

Ignatius Suharyo juga mengimbau semua pihak, terutama Umat Katolik, agar tidak larut dalam politik menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan.

"Tidak menyebarkan kebohongan, tidak dengan menyebarkan fitnah, tidak menggunakan kekerasan. Semua orang tahu karena kita itu sebagai bangsa Indonesia di dalam hati kita, itu sudah tertanam nilai-nilai dasar, kan Pancasila itu diambil dari warisan budaya kita," ujarnya.

Saat ini, lanjut Ignatius, ada pihak yang menjalankan demokrasi tidak terpuji. Padahal, demokrasi sesungguhnya bukanlah sekedar prosedural, tapi juga memperjuangkan nilai-nilai demokrasi kebaikan demi Indonesia yang lebih baik.

"Siapapun yang nanti menang, mestinya memperjuangkan kebaikan bersama. kesejahteraan bersama, bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai kedua adalah kesetaraan, tidak diskriminasi," pungkasnya. (lov/rmol)

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Sunaryo menyinggung soal kondisi politik negeri dalam konferensi pers di Gereja Katedral, Selasa (25/12)

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close