Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Utting Research: Elektabilitas Anies Melejit Setelah Debat, Prabowo Anjlok

Kamis, 04 Januari 2024 – 20:44 WIB
Utting Research: Elektabilitas Anies Melejit Setelah Debat, Prabowo Anjlok - JPNN.COM
Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Utting Research, lembaga survei ternama yang berbasis di Australia, telah merilis hasil riset terbarunya terbarunya tentang elektabilitas tiga pasangan calon yang berkontestasi dalam pemilihan presiden Indonesia 2024, Kamis (4/1).

Salah satu temuan yang mencolok dalam survei tersebut adalah lonjakan dukungan untuk capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang terjadi setelah debat kandidat beberapa waktu lalu.

“Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," terang Managing Director Utting Research, John Utting, Kamis (4/1).

Menurut John Utting, Anies kini menjadi penantang (contender) kuat dalam kontestasi pilpres 2024.

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John Utting.

Di saat yang bersamaan, kata dia, pesaingnya, Prabowo Subianto, mengalami penurunan signifikan.

“Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44%. Sedangkan Ganjar tertahan di 21 persen. Debat pertama pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John Utting.

Dia pun mengungkapkan mayoritas responden menilai Anies sebagai capres paling mengesankan performa debatnya.

Menurut John Utting, Anies Baswedan kini menjadi contender kuat dalam Pilpres 2024. Debat perdana calon presiden jadi titik baliknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close